Cerita Mahasiswa Berprestasi Asal Morut, Menembus Dunia Dengan Biaya Sendiri.

BERITAMORUT.COM- Muhammad Faisal, mahasiswa jurusan kedokteran Unismuh Makassar. Berhasil mengharumkan nama Indonesia setelah terpilih sebagai delegasi dalam ASEAN Global Youth Summit 2024. Konferensi bergengsi ini berlangsung di Malaysia pada 4-8 Juni 2024.

Faisal adalah mahasiswa asal Desa Tananagaya Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali Utara (Morut), Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Ia berhasil menyisihkan kandidat dari 30 negara lainnya melalui seleksi ketat yang meliputi penilaian berkas, penulisan esai, dan wawancara. Malaysia menjadi tuan rumah konferensi tahunan ini, yang diinisiasi oleh ASEAN Youth Organization dan secara rutin diselenggarakan oleh negara yang memegang keketuaan ASEAN. Ia mengunjungi 3 Negara yaitu Malaysia, Singapura dan Thailand.

Saat media ini menghubungi Faisal, ia tengah berada di Negara Thailand. Faisal pun berkisah kendala mahasiswa berprestasi memanfaatkan peluang, karna harus membiayai sendiri.

“Saya mahasiswa kedokteran semester 6. Ikut seleksi kegiatan di 3 Negara. Malaysia, Singapura dan Thailand. Seleksinya per Negara,”ujarnya (8/6)

“Tidak ada bonus, saat mau berangkat saya hanya dapat bantuan sedikit dari Kadis PMD Morut. Kendalanya soal biaya, sebenarnya mungkin lebih banyak anak Morut yang berprestasi bisa berangkat. Tapi karna tidak punya uang, karna saya berangkat ke Malaysia biaya sendiri kemudian di ganti panitia, saya ada juga di kasih dari kampus,”ujarnya

Faisal beruntung karna ayah dan ibunya adalah ASN. Sementara mahasiswa lain yang juga punya potensi tidak bisa mendapat kesempatan karna kendala biaya.

Ia berharap di event yang lebih tinggi nanti di Negara Korea mendapatkan suport dari Pemerintah.

“Sekarang ini lagi daftar ada event yang lebih bergengsi kak di Korea dan sementara persiapkan berkasnya, tapi itu lagi kendalanya di biaya kak,”kata Faisal

Ia berharap ke depan mahasiswa berprestasi terlebih khusus asal Morowali Utara mendapatkan dukungan, untuk mengejar mimpi-mimpi mereka di usia muda.

Komentar