Karang Taruna Bongkar Dugaan Korupsi Dana BKK Desa Ensa.

BERITA MORUT491 views

MORUT- Mewakili pengurus Karang Taruna desa Ensa Kecamatan Mori Atas, kabupaten Morowali Utara (Morut) Yosep Santule menyampaikan soal anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) desa untuk kelompok pemuda Karang Taruna senilai 100 juta yang dikelola kades.

Kepada media ini Yosep mengatakan, karang taruna yang sudah mengikuti pelatihan justru tidak tau saat bantuan cair, dan dibelanjakan sendiri oleh Kades Ensa.

“Karna kemarin saya ikut pelatihan BKK di kecamatan. Ada bantuan BKK untuk Karang Taruna 100 juta melalui proposal, anggaran 100 juta itu di peruntukan untuk tenda jadi dan kursi. Waktu pelatihan itu sudah disampaikan bantuan akan masuk ke rekening desa kemudian kami yang akan belanjakan. Terus tiba-tiba anggarannya turun kami tidak disampaikan. Tiba-tiba muncul kursi, tenda sudah di jalan. Kades belanja sendiri tanpa sepengetahuan kami. Kursinya mau diantar sama kami tapi saya tolak. Dalam rab itu 24 lusin kursi, tiba-tiba muncul 21 lusin. Dikasih turun sama kades 2 lusin, baru diserahkan sama kami 19 lusin,”ujar Yosep (20/1)

Menurut sekertaris Karang Taruna desa Ensa ini pengurus lain ketua dan Bendahara pun menolak bertanda tangan terkait dengan pengadaan yang dilakukan sendiri oleh kades Ensa.

Kepala Desa Ensa Ferdinand Suade yang kami konfirmasi tidak menjawab telpon sampai berita ini ditayangkan.

Pada tahun 2023 program BKK mengalokasikan 25 Miliar rupiah untuk 595 kelompok yang ada di Morut.

Komentar