Pemdes Uluanso Langgar Komitmen Soal Tanah Hadat di Dolupo Karya.

BERITA MORUT294 views

MORUT- Pemuda desa Uluanso pertanyakan sikap Pemerintah desa Uluanso pasca pembagian sertifikat di desa Dolupo Karya.

Yusri Kayoa menilai pemdes Uluanso mengingkari komitmennya sendiri terhadap tanah hadat dan ulayat yang di sertifikatkan. Hal ini disampaikan Yusri Kayoa, Benyamin Larongge dan beberapa pemuda desa lain.

“Kami sebagai pemuda dan masyarakat adat desa Uluanso, meminta pertanggung jawaban pemdes Uluanso mengenai sertifikat yang di bagikan di desa Dolupo karya, yang di mana sertifikat itu duduk di atas lahan adat atau Ulayat masyarakat adat desa Uluanso tua. Pemuda masyarakat adat Uluanso meminta kepada pemerintah desa Uluanso untuk komitmen menyelesaikan persoalan itu, sebab pemdes desa Uluanso pernah mengatakan kepada masyarakat bahwa tidak akan pernah terjadi persertifikatan tanah adat atau Tanah Ulayat Uluanso tua, apalagi sampai harus di bagikan sertifikat. Mana bukti komitmen pemdes Uluanso ???????ada apa?ko tenang” saja…………,”ungkap Yusri (31/12)

Seperti di release oleh Diskominfo Morut. Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi menyerahkan 525 sertifikat tanah kepada masyarakat desa Dolupo Karya kecamatan Lemboraya kabupaten Morowali Utara (Morut) pada hari jumat 29 Desember 2023.

Diduga ada pihak-pihak yang punya kepentingan dalam terbitnya sertifikat lahan hadat ini. Sebab wilayah tersebut masuk IUP Tambang.

Komentar