Kadin Morowali Utara Lanjutkan Misi Digitalisasi UMKM

BERITA MORUT170 views

MORUT – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Morowali Utara (Morut) lanjutkan misi digitalisasi UMKM di wilayahnya.

Hal itu dilakukan dengan memberikan sosialisasi E-Warung Mitra Bukalapak dan penggunaan QRIS pada pelaku usaha di wilayah Kecamatan Petasia Timur, Jumat 10 November 2023.

Tidak hanya itu, launching Aplikasi Draiv selaku transportasi online juga dilakukan pada event yang berlangsung di Balai Desa Bunta Morut tersebut.

Kegiatan ini dihadiri pemerintah Kabupaten dan Kepala Desa Bunta, Perwakilan perusahaan yang ada di wilayah Petasia Timur, Pelaku UMKM dan kurir Draiv.

“Bulan lalu alhamdulillah kita sudah sukses menjalankan digitalisasi UMKM di Kolonodale di Kecamatan Petasia. Kurang lebih perputaran yang ada di angka 12M setahun lebih dengan rata-rata perbulan itu 500jt sampai 1 miliar. Nah sekarang kita bawa kesuksesan ini ke Petasia Timur, yang bisa terhubung dengan Desa Bunta, Tompira dan Bungintimbe,” jelas Ketua Kadin Morut, Arief Ibrahim.

Dalam program digitalisasi UMKM itu, kata Arief, pihaknya menghadirkan perwakilan Bukalapak, untuk menjelaskan tentang penggunaan E-Warung kepada para pelaku UMKM di Petasia Timur.

Hal itu dimaksudkan agar pelaku usaha bisa mendapatkan harga bahan pokok yang lebih murah.

Menurutnya ini akan membantu meningkatkan pendapatan para pelaku usaha di Morowali Utara, terutama di wilayah pusat smelter PT GNI yang letaknya di Petasia Timur dimana padat penduduk.

“Kita berharap perputaran uang khususnya Bagi Pelaku usaha lokal bisa terjadi lewat digitalisasi. Agar pelaku usaha lokal bisa mengembangkan usahanya secara digital dan para pekerja perusahaan bisa berbelanja secara mudah,” tambahnya .

Adapun untuk mempermudah pelayanan produsen ke konsumen, Kadin Morut kembali menggandeng Draiv sebuah platform transportasi online yang sebelumnya telah mendulang kesuksesannya di wilayah Petasia.

Pada kegiatan ini, Arief juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggratiskan pendaftaran UMKM dan driver (Kurir) di kegiatan Launching Aplikasi Draiv Kecamatan Petasia Timur dan melakukan Roadshow keliling di Desa Bunta sebagai tanda Aplikasi Draiv telah dapat digunakan di Kecamatan Petasia Timur.

“Kami memberikan bonus top up Saldo kepada Para Driver (Kurir) di Wilayah Petasia Timur agar mereka dapat langsung aktif dan bisa melayani customer. tutup Arief.

Komentar