Jalin Sinergitas dengan APH, Lapas Kolonodale sambangi Polres Morowali Utara untuk silaturahmi dan koordinasi.

BERITA MORUT843 views

Kolonodale – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kolonodale kembali menjalin sinergitas dengan Kepolisian Resort Kabupaten Morowali Utara. Pada kunjungan kali ini, Lapas Kolonodale bertujuan untuk silaturahmi sekaligus koordinasi untuk menyemarakkan Peringatan HUT Bhayangkara Polri yang ke-77. Kunjungan ini dilaksanakan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kolonodale, Arifin Akhmad beserta Kasubsi Kamtib, Heru Cahyono dan Staff Kamtib, Yusuf Alif Magenta. Kamis (15/06)

Kedatangan Kalapas Kolonodale beserta jajaran ini disambut dengan hangat oleh Imam Wijayanto selaku Kapolres Morowali Utara. Pada kesempatan kali ini, Kalapas Kolonodale menyampaikan beberapa poin penting untuk informasi yang diketahui bersama seperti jumlah tahanan,narapidana,program pembinaan kemandirian maupun kepribadian dan lain lain.

Perlu diketahui juga saat ini jumlah warga binaan di Lapas Kolonodale sudah melebihi standar kapasitas ideal yang mana seharusnya hanya berjumlah 120 orang. Tetapi pada fakta yang ada dilapangan, terhitung pada Tanggal 15 Juni 2023 jumlah warga binaan yang ada pada Lapas Kolonodale berjumlah 312 orang. Dengan jumlah yang ada pada saat ini, dapat disimpulkan bahwa Lapas Kolonodale mengalami overkapasitas dengan persentase berjumlah 160 %.

Kemudian Kalapas Kolonodale juga menyampaikan bahwa Lapas Kolonodale siap untuk menyemarakkan Peringatan HUT Bhayangkara Polri yang ke-77. Pada penyampaiannya, Arifin menyebutkan bahwa penghijauan lahan gundul merupakan ide yang bagus untuk menyemarakkan HUT Bhayangkara kali ini. “Mengingat kondisi dari daerah kita yang banyak lahan gundul dan sebagian besar merupakan areal pertambangan, maka Kami dari Lapas Kolonodale mendukung untuk menyemarakkan HUT Bhayangkara dengan penghijauan lingkungan berupa penanaman bibit pohon mahoni” ujar Arifin.

Saran ini memperoleh tanggapan positif dan dukungan dari Kapolres Morowali Utara. “Terimakasih atas saran yang diberikan Bapak Kalapas, penghijauan ini merupakan kegiatan positif dan memberikan efek yang baik bagi lingkungan sekitar” tutur Imam. Rencananya Lapas Kolonodale akan menyiapkan 100 bibit pohon mahoni yang telah disemai dan budidaya serta dirawat dengan baik oleh WBP Lapas Kolonodale sekaligus menjadi tanda sinergitas yang baik antara Lapas Kolonodale dan Polres Morowali Utara.

Sebagai informasi tambahan bahwasannya Lapas Kolonodale peduli dengan penghijauan lingkungan dan lahan gundul yang ada di Kabupaten Morowali Utara. Bentuk kepedulian ini dilaksanakan dengan bukti nyata bahwasannya Lapas Kolonodale mampu dan siap menyiapkan benih pohon mahoni yang sudah disemai dan dirawat dengan baik oleh Warga Binaan kami.

Benih pohon mahoni ini sangat baik dan cocok untuk daerah pertambangan seperti di Kabupaten Morowali Utara yang memiliki kontur daerah yang banyak tanah gundul dan banyak terdapat area pertambangan. Untuk pemesanan bibit pohon mahoni ini dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi laman instagram Lapas Kolonodale maupun Contact Person 089632183281 a.n Yusuf Alif Magenta.

Kunjungan Lapas Kolonodale ke Polres Morowali Utara ini berjalan dengan lancar dengan suasana yang hangat dan ditutup dengan foto bersama. Salam presisi.

Komentar