oleh

Dies Natalis ke-9 Tahun, PPMP Morut di Makassar Gelar Seminar Kewirausahaan Digitalisasi Ekonomi.

Makassar- Dalam rangka Dies Natalis ke-9 tahun Persatuan Pemuda Mahasiswa dan Pelajar (PPMP) Morowali Utara (Morut) di Makassar menggelar seminar kewirausahaan dengan tema “Pemanfaatan Digitalisasi dalam menumbuhkan jiwa wirausaha Pemuda yang kreatif, inovatif dan Mandiri di era 4.0 menuju era 5.0”. Jumat 16 juni 2023.

4 orang narasumber yang mengisi seminar, diantaranya Bupati Morowali Utara Dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, Ketua PKK Kabupaten Morowali Utara Febriyanthi Hongkiriwang, Pengurus Organisasi Keanggotaan dan Kelembagaan (OKK) Pusat HIPMI Hari Paramuda dan Ketua KADIN Morowali Utara Ince Arief Ibrahim, SH.

Seminar yang di pandu oleh moderator Muh. Rizal yang juga menjabat Dewan Penasehat Organisasi PPMP Morowali Utara di Makassar ini mendapat respon positif dari sejumlah peserta yang hadir.

Seminar kewirausahaan digitalisasi ekonomi UMKM sangat penting untuk mendorong generasi muda mampu bertransformasi memanfaatkan kemajuan digitalisasi yang sangat pesat.

Indonesia sendiri adalah “raksasa teknologi digital Asia yang sedang berkembang”, pertumbuhan UMKM sangatlah pesat terutama dari sisi kuantitas atau jumlah. Data Kementerian Koperasi dan UKM persentase pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mencapai angka 10% hingga 15% terhadap total UMKM yang beroperasi.

Kadis Pendidikan Morut Hadiri Dies Natalis PPMP Morut di Makassar

Para generasi muda didorong untuk mulai memanfaatkan digitalisasi dalam berusaha. Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital menjadi kata kunc penting, agar detak jantung bisnis tetap hidup, termasuk untuk mengembangkan UMKM terus bertumbuh.

Ada banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh UMKM yang mampu bertransformasi memanfaatkan digitalisasi. Hal ini yang mendorong pengurus PPMP Morut di Makassar menggelar seminar bagi generasi muda daerah yang sedang mengejar cita-cita.

2 narasumber yaitu Hari Paramuda dan Arief Ibrahim adalah contoh pengusaha muda yang sukses mengembangkan usaha, tak lepas dari memanfaatkan perkembangan digitalisasi.

Hari Paramuda juga pernah menggelar diskusi dengan Mahasiswa Morowali dan Morowali Utara di Kota Makassar, untuk pengembangan usaha di sektor swasta. Rabu, 17 Mei 2023.

Cerita perjalanan hidup dalam mengembangkan bisnis hingga saat ini sukses, membuat Hari Paramuda sering berbagi pengalamannya. Saat ini Dia merambah ke bisnis pariwisata dengan membuka Restaurant di Pulau Bali dan Labuan Bajo.

Arief Ibrahim yang sukses di usianya yang masih muda terus memberikan motivasi bagi para juniornya.

“Mulai Saja Dulu. Dibanding kita sibuk mengomentari usaha orang lain. Lebih baik kita menjadi Lilin ditengah Gelapnya Keadaan, walau kecil namun memberi arti. Walau terbakar namun berani berkontribusi. Jadi Mulai saja dulu”.kata Arief Ibrahim saat menjadi pembicara seminar ini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kadis Pendidikan Morut, M. Ridwan Dg Malureng. Yang selalu memberikan suport bagi generasi muda di daerah untuk semangat dalam belajar sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

Komentar

News Feed