Ketua PWI Morowali : “Tak Pantas Aparat Negara Usir Wartawan Dalam Acara HBA”

BERITA MORUT576 views
Foto ketua PWI Morowali Bambang Sumantri

MOROWALI- Insiden pengusiran terhadap sejumlah insan pers Kota Palu oleh Aparat Negara, dalam hal ini oknum pegawai Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah menimbulkan berbagai reaksi.

Pengusiran sejumlah insan pers itu dilakukan beberapa saat sebelum dilaksanakannya puncak perayaan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) di halaman Kantor Kejati Sulawesi Tengah, Jum’at (22/7/2022).

Para jurnalis yang diusir tersebut adalah Abdee Mari dari tvOne, Ikbal/ Ballo (CNN) sekaligus Ketua Aliansi Media Siber Indonesia (AMSI), Sharfin NET TV, dan Dhani RTV.

Menanggapi masalah tersebut, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Morowali, Bambang Sumantri mengecam tindakan yang dilakukan oleh oknum pegawai Kejati Sulteng. “Sangat tidak pantas seorang pegawai Kejaksaan Tinggi melakukan pengusiran kepada wartawan yang akan melakukan peliputan, apalagi ini moment berbahagia bagi instansi Kejaksaan” ujarnya.

Ditambahkannya, para jurnalis yang diusir itu merupakan jurnalis senior dan berpengalaman, yang sangat paham dengan etika jurnalistik. “Mereka itu adalah senior-senior saya, dan saya yakin meraka sangat paham dengan kode etik jurnalistik, entah apa penyebabnya terjadi pengusiran itu, pihak Kejati Sulteng harus memberikan pernyataan yang jelas” tuturnya.

Hal ini kata Bambang, tak boleh lagi terulang kembali di masa yang akan datang. “Saya berharap hal semacam ini tidak boleh lagi terjadi, jangan terlalu alergi kepada insan pers, apalagi seperti senior-senior kami tersebut” tandasnya.

Komentar