PT. TRINUSA DHARMA UTAMA AKTIF BERSIHKAN TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH GANDA-GANDA

BERITA MORUT1,670 views

Kolonodale, MCDD – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali Utara Ir. Syarifuddin, ST.MT mengatakan bahwa tempat pembuangan sementara (TPS) sampah di Desa Ganda-ganda, Kecamatan Petasia, masih tetap digunakan membuang sampah dari masyarakat yang tinggal di Kota Kolonodale sebab sampai saat ini, Morut belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang representatif.

“Tetapi TPA itu kami rawat dengan baik. Setiap dua pekan kami merapihkan lokasi itu, bekerja sama dengan perusahaan tambang yang beroperasi di sekitar lokasi itu,” kata Syarif melalui telepon genggamnya.

Keterangan itu disampaikan Syarifuddin menanggapi hasil kunjungan empat anggota DPRD Sulteng ke lokasi itu akhir pekan lalu dan menyebut bahwa pengelolaan kebersihan dan persampahan tidak baik.

Menurut Syarif, setiap dua pekan, DLH Morut yang dibantu alat berat dari PT. Trinusa melakukan pembersihan dan perapihan lokasi agar sampah yang dibuang tidak berhamburan dan mempengaruhi kesehatan lingkungan.

TPS Ganda-ganda ini sudah bertahun-tahun digunakan dan telah disiapkan penggantinya yakni TPA di Koromatantu.

“Cuman masalahnya, TPA Koromatantu baru akan dibangun tahun 2024. Namun selama TPA Koromatantu belum berfungsi, maka TPS Ganda-ganda akan tetap digunakan dengan pemeliharaan yang rutin agar tidak merusak lingkungan dan mengganggu kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Terkait TPA Koromatantu, kata Syarif, pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa Kementerian PUPR akan mengalokasikan dana Rp25 miliar untuk TPA ini.

“Semua persyaratan administratif sudah dilengkapi. Dokumen perencanaan (DED-detail engineering disain) hasil penyempurnaan DED 2014 sudah selesai. UKL-UPL sudah siap, sertifikat tanah sudah terbit, surat minat dari bupati sudah ada dan di-back up dengan tata ruang bahwa lokasi tersebut berada di Desa Koromatantu,” ujarnya. (RoMa)

Komentar