Bupati Delis: Pascapenambangan, Morut harus tetap hijau.

BERITA MORUT322 views

MOROWALI UTARA – Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi kembali mengingatkan para pelaku usaha penambangan nikel di daerahnya agar melaksanakan sistim penambangan yang baik dan benar sehingga ke depan, setelah usaha penambangan selesai (berhenti) Morut akan tetap hijau.

Morut merupakan daerah tujuan investasi dan lokasi pertambangan yang cukup luas. “Tentunya kita tidak ingin dimasa mendatang, di Morut ini akan terjadi hamparan hutan gundul atau eks lokasi penambangan yang tidak ditangani dengan baik,” kata Delis pada acara penanaman pohon yang diinisiasi Kodim 1311 Morowali dan Morowali Utara, Polri dan jajaran PT. Bumanik di Desa Molores, Kecamatan Petasia Timur, Senin (6/6).

Apa yang dimulai hari ini oleh PT. Bumanik dan TNI/Polri, hendaknya menjadi contoh dan komitmen seluruh para pelaku usaha penambangan yang beroperasi di Morut.

Ia berharap lokasi-lokasi penghijauan eks tambang seperti ini ke depan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai kawasan hutan yang memberikan manfaat baik dalam menjaga lingkungan maupun untuk kegiatan usaha ekonomi produktif atau destinasi wisata.

Ia mengungkapkan bahwa sesuai hasil penelitian lokasi eks tambang nikel sangat cocok bila ditanami atau direklamasi dengan pohon kayu putih yang menghasilkan minyak kayu putih.

“Tanaman ini tentu memberi manfaat ekonomi yang besar bagi masyarakat,” ujar Delis pada acara yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Febrianthy DJ. Hehi, Dandim Morowali, Kapolres, Camat dan sejumlah kepala desa itu.

Bupati Delis menyampaikan terima kasih kepada TNI, Polri dan jajaran PT.Bumanik yang telah berkolaborasi untuk melestarikan lingkungan eks tambang dengan melakukan penanaman pohon sesuai prinsip-prinsip penambangan yang baik dan benar. (RoMa/Ryo)

Komentar