Polres Morowali Amankan BBM ilegal, Masyarakat Juga Minta Pembongkaran BBM Lewat Kapal Dijety Tidak Sesui SOP Di Ditertibkan

MOROWALI638 views

MOROWALI- Keberhasilan pihak Satreskrim Morowali, menangkap bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, bersubsidi sebanyak 85 jerigen adalah bentuk konsitennya melakukan penindakan hukum bagi para pelaku kejahatan BBM subsidi

“Tersangka Ardiansyah alias Adi warga Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, untuk barang bukti yang kami amankan yang pertama 1 unit Mobil merek Daihatsu, Stnk mobil, 85 Jerigen berisi BBM jenis solar. berjumlah 31 liter Perjerigen total 2.635 (dua ribu enam ratus tiga puluh lima) liter BBM jenis Solar” papar Kasatreskrim Polres Morowali, IPTU. Arya Widjaya, S.S.T.K, S.I.K.

Penindakan tegas bagi para pelaku BBM subsidi tentunya mendapat apresiasi dari masyarakat, namun masyarakat juga meminta juga untuk melakukan penertiban bagi kapal-kapal pengangkut BBM yang melakukan pembongkaran di jety, yang diduga bukan untuk diperuntukan tempat pembongkaran BBM, namun jety tersus untuk melakukan pembongkaran Ore Nikel dan peralatan-peralatan pabrik

“Lebih eloknya, penindakan hukumnya merata. Kami masyarakat banyak melihat di jety tersus yang biasa tempat muat ore Nikel, kini dijadikan tempat pembongkaran BBM dari SPOB, alasannya tersusnya sudah berizin, ada juga alasan pemanfaatan garis pantai. Tambah lagi pembongkarannya kita liat tidak sesuai SOP, seperti alat pemadam kebakaran dan OIL BOOM dan rambu-rambu sebagaimana standar pertamina. Asal usul barangnya juga perlu dicek, transportinya juga harus diperiksa benar-benar. Semoga saja tidak hanya yang pemain bbm pick up ditertibkan karena jety di Morowali ini jika diliat tidak sesuai standar regulasi Pertmina untuk melakukan pembokaran BBM” ujar Au.

Salah satu kegiatan yang terlihat di jety PT. Sulawesi Resourt. Jika sebelumnya Bupati Morowali, Drs. Taslim, melarang untuk melakukan aktifitas pemuatan Ore Nikel di terminal khusus (Tersus) PT. Sulawesi Resourt, kini mulai terlihat adanya kegiatan pembongkaran BBM dari kapal SPOB. Muharam selaku Pihak syahbandar dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui kegiatan tersebut

“Maaf dinda saya tidak mengetahui kegiatan tersebut coba tanyakan ke petugas di Bungku” ujarnya. 

Lebih jauh ditanyakan media, mengenai SOP pembongkaran  BBM, ia mengatakan jika memang benar ada standar jety dan SOP untuk melakukan pembongkaran barang berbahaya sebagaimana yang diatur dalam regulasi soal SOP pembongkaran BBM di terminal khusus pembongkaran barang berbahaya. 

“Iya Betul pk..karna d ijin bangker itu ada tertulis,siapkn alat2 keselamatan,d antarax slah satux pemadam. Baiknya tanyakan langsung ke petugas” imbuhnya. 

Masyarakat Morowali pihak Polair dan pihak Angakatan Laut juga bisa menjadi pihak yang serius untuk melakukan penindakan dan penertiban kegiatan bagi pelaku kejahatan BBM yang memakai jalaur laut dan yang memakai jety yang tidak sesuai standar pertamina untuk melakukan kegiatan pembongkaran BBM.

Diketahui salah satu yang harus disiapkan untuk melakukan pembongkaran BBM, selain menyiapkan pemadam kebakaran pihak yang berkegiatan melakukan pembongkaran harus menyiapkan Oil Boom, untuk mengantisipasi jika terjadi tumpahan bbm ke laut, tidak hanya itu SOP mobil transportir untuk melakukan pemuatan mimimal sesuai dengan standar pertamina.

Komentar