oleh

Wabup Morut Minta Bidan Jaga Kemuliaan Bidan.

Wabup Morut Minta Bidan Jaga Kemuliaan Bidan.

BERITAMORUT.COM- Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira mengatakan bahwa bidan adalah profesi yang mulia namun kemuliaan itu akan benar-benar mulia bila bidan itu sendiri mampu menjaga kemuliaannya sendiri.

Demikian Wabup H Djira dalam sambutannya pada pembukaan Musyawarah Ranting Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kecamatan Lembo dan Lembo Raya di Beteleme, Sabtu.

Hadir dalam acara ini Ketua Tim Penggerak PKK Morut Febriyanti Hongkiriwang, S.Si, APt, camat dan para kades Lembo dan Lembo Raya serta Kapolsek Lembo.

Kata Wabup, untuk menjaga kemuliaan tersebut, para bidan dituntut untuk memiliki dua kompetensi utama yakni kompetensi teknik yakni punya pengetahuan dan keterampilan dalam praktik kebidanan.

“Jangan juga terjadi, seorang bidan punya pemgetahuan tapi tidak mau menerapkannya. Ini bahaya bagi pasien,” iujarnya.

Kompetensi kedua adalah kompetensi sosial kultural, dimana para bidan harus tampil ramahbtamah dan senyum saat menghadapi pasien, bagaimanapun kondisi pasiennya.

“Mungkin umur pasien tinggal beberapa menit, namun kalau bidan datang dengan senyum dan ramah tamah, dia tetap punya semangat dan harapan hidup yang lebih panjang,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Pengurus Cabang IBI Morut Yusdah Ramaino, A.Md.Keb mengatakan bahwa target utama IBI Morut adalah menihilkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan serta menekan stunting.

Musyawarah Ranting IBI Lembo Raya ini akan memilih dua pengurus ranting yakni Ranting Lembo dan Ranting Lembo Raya yang selama ini masih tergabung dalam satu ranting. (Roma/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed