FKMWM Deklarasikan Orang Mori Dukung Delis-Djira di Pilkada Morut.

BERITA MORUT844 views

FKMWM Deklarasikan Orang Mori Dukung Delis-Djira di Pilkada Morut.

Morowali Utara- Forum Komunikasi Masyarakat Wita Mori (FKMWM) menggelar pertemuan para tokoh adat dan tokoh masyarakat Wita Mori di Gedung Pesparawi Beteleme, Senin pagi (23/11)

Hadir dalam pertemuan itu sekitar 150 orang yang mewakili tokoh-tokoh adat dan masyarakat dari berbagai desa dan yang mewakili anak-anak suku seperti anak suku Molioa, Puuntana, Petasia, Ngusumbatu, Molongkuni, Towatu, Moiki, Impo, Mobahono, Takolo-kolo, Uluuwoi, Padoe.

Dalam Naskah Deklarasi (Songka Wita Mori) itu tercantum bahwa setelah memperhatikan pendapat dan saran seluruh tokoh2 adat Wita Mori, serta aspirasi yang berkembang dalam masyarakat, maka dengan ini, seluruh Ketua Adat anak Suku Wita Mori dan FKMWM serta elemenyang bersimpati, menyatakan sikap:
1. Mendukung pencalonan Dr dr Delis Julkarson Hehi, MARS sebagai calon bupati Morut 2020-2024 yang merupakan putera asli Wita Mori.
2. Menghimbau semua elemen masyarakat di wilayah Wita Mori untuk menggunakan hak pilihnya secara arif dan bijaksana pada pilkada 9 Desember 2020.

Deklarasi yang tertuang dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa pMori ini ditandatangani oleh Waris Kandori sebagai Ketua FKMWM, Jefri Tomuka, Yalbert Tulaka, Bhakti Marunduh, Jhoni Badu, dan Rusman Saino.

Sebelum deklarasi, digelar dialog yang dipimpin Aloysius Malanguna dengan pembicara Waris Kandori, Christian Rongko, Yulius Pode dan Him Larope.

Acara ini dimeriahkan dengan penampilan putra-putri Mori dengan tari-tarian dan lagu-lagu Mori.

Christian Rongko menegaskan, masyarakat Mori seyogianya tidak perlu bertanya-tanya lagi siapa yang akan dipilih dalam pilkada nanti. Seharusnya pilih Delis karena ini adalah amanat leluhur agar orang mori bersatu, mengkorahakono witato, tuwu mate memoroko.

Sedangkan tokoh Mori lainnya Bhakti Marunduh menegaskan: kalau bukan orang mori yang pilih orang mori, siapa lagi.

“Orang Mori itu banyak potensi. Pandai-pandai, seperti halnya dokter Delis. Ini saatnya orang Mori bersatu untuk memilih orang Mori dalam pilkada ini,” ujarnya.

Komentar