2 Dokter Maju di Pilkada, Pengalamannya Nasional dan Tidak Pernah Ada Kasus Hukum

SERBA SERBI744 views

2 Dokter Maju di Pilkada Daerahnya, Pengalamannya Nasional dan Tidak Pernah Ada Kasus Hukum

 

2 orang dokter bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), tepatnya di Kabupaten Morowali Utara (Morut), Poso, 09 desember mendatang.

Mereka yang bertarung di daerah masing-masing adalah dokter Delis Julkarson Hehi maju sebagai calon Bupati Morut, dokter Verna Merry Gladies Ingkiriwang sebagai calon Bupati Poso.

Dokter Delis Julkarson Hehi-Djira atau pasangan yang dikenal dengan jargon “DIA” ini mendapat nomor urut 1 dari 2 pasang di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara dengan tagline Morowali Utara Cerdas, Sehat dan Sejahterah sangat identik dengan kandidat ini yang memililiki latar belakang kesehatan dan pasangannya mantan kadis pendidikan Morut. Pasangan Delis-Djira maju di Pilkada Morut mendapat dukungan partai PKB, Nasdem, Hanura, PBB, Golkar, Perindo yang berjumlah total 19 kursi di DPRD Morut.

Dokter Verna Gladies Ingkiriwang- Yasin maju di Pilkada Kabupaten Poso dengan tagline “Membangun Bersama Sejahterah Bersama” dokter Verna adalah mantan anggota DPR RI yang punya pengalaman mumpuni dan merupakan anak Mantan Bupati Poso Piet Ingkiriwang. Di Pilkada Poso Pasangan Verna-Yasin Mangun memperoleh nomor urut 1 dari 3 pasangan yang bakal bertarung di Pilkada serentak nanti. Pasangan Verna-Yasin maju di Pilkada Poso didukung oleh partai Demokrat, PAN, Hanura dan Perindo dengan total 8 kursi di DPRD Poso.

Menariknya kedua dokter, yang maju sebagai kandidat calon Bupati di Morut dan Poso ini memiliki pengalaman politik sampai ke tingkat Nasional sebagai anggota Parlemen.

Dokter Verna sapaan akrab calon Bupati Poso adalah anggota DPR RI sejak 2009-2019, tentu kemampuan politik, dan pengalaman calon Bupati perempuan ini tidak diragukan lagi.

Sementara Dokter Delis sapaan akrab calon bupati Morut juga memiliki pengalaman politik ke tingkat Nasional sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tahun 2014-2019. Selain karir politik tingkat Nasional, Dokter Delis adalah dokter yang mengawali karirnya dari bawah pernah menjabat kepala Puskesmas Tomata tahun 2005-2008 di Morut.

Dua calon Bupati dokter di dua Kabupaten yaitu Morut dan Poso, kabupaten yang sangat memiliki kekerabatan dan histori sejarah yang saling berkaitan, kini ditawarkan calon pemimpin yang kualitasnya mumpuni memimpin daerah.

Semua tentu kembali kepada masyarakat yang menilai, tetapi memiliki pemimpin idealnya memiliki catatan prestasi dan jauh kasus hukum.

 

Penulis: Hendly Mangkali Jurnalis Beritamorut.com

Komentar