Dua Kelompok Koperasi Wanita Mandiri, Diresmikan Bupati Morowali Utara 

BERITA MORUT925 views

Dua Kelompok Koperasi Wanita Mandiri, Diresmikan Bupati Morowali Utara

MOROWALI UTARA- Bupati Morowali Utara, Moh. Asrar Abd. Samad, meresmikan Koperasi Wanita Jasa Tunas Harapan desa Petumbea kecamatan Lemboraya, dan Koperasi Wanita Mandiri Desa Beteleme Kecamatan Lembo, Jumat, (14/08/2020).

Peresmian tersebut dalam rangka mendorong kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di dua kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya dihadapan seluruh pengurus koperasi wanita se-Kecamatan Lembo dan Lemboraya, Bupati Asrar menyambut baik upaya pendirian koperasi wanita, dan melalui APBD TA.2020 telah dialokasikan dana untuk program peningkatan kualitas kelembagaan koperasi.

Koperasi Jasa Tunas Harapan desa Petumbea kecamatan Lemboraya yang dipimpin oleh Ketua Irma Patodo, jumlah 23 anggota ini berperan sebagai pembina dari para pengrajin dan pelaku Usaha Kecil Menengah di kecamatan Lemboraya.

Sedangkan ditempat berbeda, Ketua Koperasi Wanita Mandiri Desa Beteleme Serlian Kale’e, M.PdK mengucapkan terima kasih kepada Bupati telah bersedia hadir dan berkunjung pada kelompok kopwan bersama 60 anggotanya termasuk peserta kursus menjahit, usaha salon, penjual cendol dan kue.

“Pendirian koperasi wanita ini sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya keluarga, dan keberadaannya sebagai wujud dari ekonomi kerakyatan yang digerakkan secara gotong royong melalui koperasi, dan Saya secara pribadi memberikan bantuan sebesar 20juta rupiah per kelompok koperasi wanita,”ujar Bupati.

Beliau berpendapat, mendirikan koperasi itu lebih mudah ketimbang menjalankannya. Namun, koperasi yang dikelola wanita biasanya lebih solid, karena wanita umumnya memiliki sifat ulet dalam bekerja, memiliki ketelitian, kehati-hatian, dan kejujuran dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Nampak hadir mendampingi Bupati, Kasat Pol.PP & Damkar Buharman Lambuli, S.Sos, Sekdis Koperasi UMKM Perindag Lisman Mauru, Kepala Bank Sulteng KCP Kolonodale Alan Fajrin, Camat Lemboraya Demutrik Lauende, Sekcam Lembo, para kepala desa se-Kecamatan Lemboraya, para ketua kelompok koperasi se-Kecamatan Lembo, dan tamu undangan.

 

Media Kominfo Morut/HM

Komentar