oleh

Era Baru Di Rutan Kelas I Tangerang Dalam Supremasi Hukum Dan Reformasi Birokrasi

Era Baru Di Rutan Kelas I Tangerang Dalam Supremasi Hukum Dan Reformasi Birokrasi

BERITA MORUT_JAKARTA_ C.I.New’s — Sebelumnya pemberitaan soal temuan Pegiat antikorupsi Inacor yang mengatakan bahwa investigasi informasi yang mereka dapat, Tentang adanya indikasi pidana dan pelanggaran yang masih terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Jambe, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan hasil temuan tersebut Tim C.I.New’s, Melakukan investigasi ke Rutan Kelas I Tangerang. Dalam acara dialog terbuka antara pegawai Rutan dengan seluruh tahanan di lapangan, Yang menurut narasumber acara dialog terbuka tersebut acara rutin yang di adakan oleh Rutan setiap satu bulan. .

Acara rutin dialog terbuka tersebut berisi penyuluhan seputar tatacara pengurusan surat vonis dan eksekusi, PB, CMB, CB, Hingga pengurusan Justice. Dijelaskan pula kepada para Warga Binaan (WBP), Bahwa semua kepungurusan tidak dipungut biaya.

Menurut Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Adit Jatari mengatakan, Kami hanya menjalankan tugas optimal pelayanan kepada Warga Binaan yang kami anggap seperti anak-anak kami dan saudara-saudara kami disini, Dengan menciptakan nuansa kekeluargaan dengan tetap saling menghormati, Baik antara sesama narapidana ataupun petugas disini.

Disinggung terkait kejadian ditahun 2019 lalu, Adit sapaan akrab Kepala KPR mengungkapkan, Bahwa kini semua proses pembinaan terhadap semua napi dilakukan perbaikan optimal pelayanan, Dengan tidak adanya diskriminasi, Terlebih lagi pungli dan kekerasan terhadap narapidana disini.”ujar Adit, Jumat (10/7).

Sejak awal Adit menjabat Kepala KPR itu telah keras berikan Warning akan menindak tegas pelaku pungli dan narkoba .

Adit juga mengatakan jika masih adanya pungli baik pemerasan terhadap narapidana segera baik dari WBP atau pun keluarga WBP melaporkan kepada kami.

Di sisi lain, Dari keterangan narasumber salah seorang WBP mengatakan, Bahwa sosok pak Adit adalah sosok yang mengayomi dan selalu terbuka untuk menerima keluhan dari para WBP, Dan tidak segan menegur jajarannya yang lalai terhadap WBP.

Dari keterangan WBP lain mengatakan, Bahwa semenjak pak Adit bertugas di Rutan kelas I tangerang/Jambe ini, Sangat nyata perubahan yang terjadi.

Setelah peristiwa lalu yang mencoreng Kementerian KUMHAM dengan adanya permasalahan pungli dan kekerasan yang terjadi di Rutan Kelas 1 Tangerang/Jambe beberapa waktu lalu. Kini dikepemimpinan Ka RUTAN Kelas 1 Tangerang Mujianto perubahan revolusi benar benar telah terjadi .

Ditempat berbeda, Pemimpin Redaksi Chakrawala Indo New’s (C.I.New’s), Ibnu Ferry menilai, kesimpulan dari Divisi Investigasi Informasi Inacor pada Kamis (09/07/2020). Tidak valid karena belum ada pendalaman.

Sebelumnya Tim C.I.New’s sudah melakukan penelitian untuk Rutan Kelas I Tangerang sejak 5 Juni 2020. Dan tidak ditemukan adanya peredaran narkoba seperti pemberitaan yang beredar, Semua masih normatif.

“Hal tersebut kami lakukan karena pegiat Media merupakan kontrol sosial sebagai bagian dari upaya mendukung kinerja Pemerintahan, Kemenkumhan khususnya menegakkan supremasi hukum dan reformasi birokrasi sebagaimana arahan Presiden Jokowi.” kata Ibnu.

 

Ibnu_C.I.New’s/HM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed