oleh

Ketua PRD Kota Palu, Pemerintah harus lebih responsif cegah Virus Covid-19

Pemerintah daerah harus tanggap hadapi virus Covid-19

Palu, 16 Maret 2020

Beritamorut.com, Opini- Merebaknya wabah Corona (Covid-19) ke sejumlah daerah harus segera di respon dengan cepat oleh semua kepala daerah, apalagi Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo resmi menjadikan Virus Covid-19 menjadi bencana nasional non alam.

Itu artinya, semua daya upaya harus dilakukan untuk mengendalikan peredaran virus Corona yang semakin menggila baik ditingkatan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Di Kota Palu Provinsi Sulawesi tengah ada sekitar 3 orang yang dinyatakan suspek virus Corona. Ini harus menjadi catatan serius bagi pemerintah daerah khususnya kota Palu untuk segera melakukan hal yang paling bisa dikerjakan, sekalipun para korban belum positif terinveksi virus Corona.

Jika alasan lock down belum mendesak untuk diberlakukan di Kota Palu, maka pilihan tepatnya adalah Social Distancing ( Pembatasan sosial), sosial Distancing akan lebih membantu jika keterlibatan dan kesadaran dari semua pihak bisa terlibat bersamaan, baik Pemerintah maupun masyarakat.

Fasilitasi kesehatan seperti alat pendeteksi virus Covid-19 juga sudah harus didesenstralisasi ke tiap daerah, tidak lagi di monopoli oleh pemerintah pusat, ini justru memperburuk semangat memerangi virus Covid-19 yang sudah mulai mewabah ke beberapa daerah.

Harusnya setiap proses bencana nasional, baik alam maupun non alam harus menjadi evaluasi bersama, agar kordinasi Pemerintah pusat dan daerah bisa lebih baik, tidak saling lempar tanggung jawab, kita masih terkesan latah dalam menghadapi bencana yang bersifat alam maupun non alam.

Selain itu semua, Pemkot penting menggalakan Gerakan melawan Covid-19 dan melibatkan semua elemen masyarakat, misalnya menyiapkan alat pencuci tangan di tempat umum, bagi-bagi masker, mendirikan posko Covid-19, penyemprotan cairan disinspektan dan sosialisasi yang masif. Ini langkah yang paling bisa kita kerjakan secara bersama-sama dalam memerangi virus Covid-19.

Saya kira, gerakan menggalakan seperti itu bisa memicu semangat warga untuk bisa optimis mencegah penyebaran virus Covid-19, sekaligus menghilangkn kepanikan yang berlebihan kepada warga.

Azman Azgar: Ketua Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik Palu
(KPK PRD Kota Palu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed