oleh

Penyebaran Virus Corona Makin Meluas, Bupati Delis: Varian Delta Tujuh Kali Lebih Ganas

-BERITA MORUT-1.551 views

Penyebaran Virus Corona Makin Meluas, Bupati Delis: Varian Delta Tujuh Kali Lebih Ganas

BERITAMORUT.COM- Penyebaran virus Corona (covid) di Morowali Utara sudah pada titik yang mengkhawatirkan. Saat ini terjadi peningkatan kasus yang signifikan sehingga membutuhkan kesadaran dan kedisplinan masyarakat.

Dalam Minggu ini saja bertambah lagi satu orang meninggal dunia akibat covid. Dengan demikian sudah enam orang meninggal dan saat ini tiga pasien dalam keadaan kritis di rumah sakit.

Penegasan itu disampaikan Bupati Morowali Utara (Morut) Dr. dr. Delis Julkarson Hehi MARS dalam kunjungannya di Desa Tiu, Kecamatan Petasia Barat, Rabu sore (21/7/2021).

Ia mengungkapkan, akibat melonjaknya jumlah pasien Covid, kapasitas tempat tidur di RSUD Kolonodale sudah tidak mencukupi, sehingga sejak tiga hari lalu rumah sakit lama dimanfaatkan lagi sebagai cadangan untuk perawatan pasien.

“Kita jangan lengah, kondisi saat ini sangat berbahaya. Mohon bantuan orang-orang tua kami untuk ikut mensosialisasikan pentingnya memakai masker dan mencuci tangan,” ujar bupati yang juga seorang dokter tersebut.

Ia juga mengungkapkan, beberapa hari lalu ia ikut menelepon ke beberapa tempat di Palu, Makassar dan Jakarta, untuk mencari oksigen. Karena berdasarkan laporan direktur RSUD Kolonodale, persediaan tabung oksigen sudah habis.
“Kita dapat bantuan 50 tabung, Tapi itu tidak cukup, itu hanya kebutuhan satu hari,” jelasnya.

Menurutnya, satu-satunya cara untuk menekan dan mengatasi penyebaran virus Corona adalah dengan vaksinasi dan mematuhi protokol kesehatan (prokes).
“Kita tingkatkan lagi hidup dari kebiasaan mencuci tangan, dan pakai masker,” ujarnya berulang kali.

Tentang meluasnya penyebaran virus Corona saat ini, bupati yang biasa disapa Dokter Delis ini mengatakan, kondisi saat ini sangat berbahaya. Varian delta yang kini berkembang tujuh kali lebih ganas dari virus Corona dari Wuhan, China.

Ia menguraikan, berdasarkan hasil penelitian dan kenyataan di lapangan, virus Corona yang masuk di Indonesia awal tahun 2020, penyebaran inveksinya biasa disebut angka satu.

Selanjutnya, muncul lagi varian Alfa yang berasal dari Inggris. Ini tingkat penyebaran dan tingkat infeksinya mencapai tiga kali lipat daripada virus yang dari Wuhan itu.

“Lalu virus Corona varian Delta yang berasal dari India itu tujuh kali lebih cepat penyebaran dan daya bunuhnya. Ini perlu saya sampaikan agar kita jangan lengah dan pandang enteng,” katanya mengingatkan. (Ale/Ryo)

#delisdjira #waspadaCovid19 #prokes

©Media Center Delis & Djira

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed