oleh

Bupati Delis: Tambang di Morut Kurang Libatkan UMKM

Bupati Delis: Tambang di Morut Kurang Libatkan UMKM

BERITAMORUT.COM- Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi mengatakan bahwa ke depan, usaha pertambangan di Morowali Utara harus lebih banyak melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar investasi tambang bisa berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Selama ini, investor tambang kurang melibatkan UMKM lokal, Bumdes, BUMD atau Perusda dalam menjalankan aktivitasnya,” kata Bupati Delis menjawab pertanyaan reporter TVRI Palu dalam wawancara khusus di ruang kerjanya di Kolonodale, Selasa (29/6) petang.

TVRI mempertanyakan kondisi Morut sebagai daerah penghasil tambang nikel yang cukup besar di Sulteng, namun tidak berdampak signifikan dalam mengentaskan kemiskinan di daerah ini.

Delis menjelaskan bahwa ke depan, semua investor tambang harus melibatkan sebesar-besarnya peran UMKM, Bumdes, BUMD/Perusda dalam aktivitas.

Selain itu, kata Delis, semua usaha tambang termasuk investasi nontambang, harus memprioritaskan rekrutmen tenaga kerja lokal.

Bupati Delis J. Hehi yang dikenal luas sebagai pejabat yang sangat terbuka terhadap pers itu juga membebarkan langkah-langkah strategis yang sudah dilaksanakannya selama hampir dua bulan menjabat.

Yang paling pertama dikerjakan, kata Delis, adalah penataan birokrasi karena birokrasi ini merupakan komponen utama pendukung percepatan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Morut ini mengalami banyak ketertinggalan, karena itu ke depan nanti, kalau daerah lain berjalan dengan kecepatan 20 kilometer per jam, maka Morut harus berlari 80 km per jam untuk mengejar ketertinggalannya,” ujar Delis.

Langkah lain yang dilakukan antara lain mewujudkan visi-misi menjadikan Morut sebagai daerah yang sehat, cerdas, sejahtera yakni menjamin bahwa semua penduduk sudah tercover BPJS Kesehatan. Semua siswa SD dan SMP tidak lagi membayar uang komite karena semua biaya operasional sekolah akan ditanggung oleh pemkab. Para mahasiswa Morut juga akan mendapatkan beasiswa pada tahun ini. (Roma/Ale)

#DelisDjira #MorutGaspool
©Media Center Delis dan Djira

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed