oleh

Habis APBD Morut 3,4 Milyar Per Bulan, Digunakan Gaji Honorer, Termasuk Yang “Siluman”

Habis APBD Morut 3,4 Milyar Per Bulan, Digunakan Gaji Honorer, Termasuk Yang “Siluman”

 

BERITAMORUT.COM- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Morowali Utara (Morut) habis sebanyak 3,4 Milyar untuk bulan Juni tahun 2021 digunakan untuk pembayaran gaji tenaga honorer di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Morowali Utara.

Angka 3,4 Milyar yang jadi beban APBD setiap bulan akan bervariasi naik dibulan berikutnya mengikuti jumlah tenaga honorer bila terus bertambah.

Plt Kabid Perbendaharaan Dinas Keuangan Kabupaten Morowali Utara Meitry Sari Laema mengatakan jumlah honorer terbanyak di Satuan Pol PP dan tenaga guru kontrak daerah,

“Data terakhir yang kami punya 2.847 orang, honorer terbanyak di satpol PP dan tenaga Guru kontrak. 3,4 Milyar yang dibayarkan honorarium per bulan Juni, ini data saya per bulan juni yang dibayar kemarin,” ujarnya (23/6)

Ia juga menambahkan jumlah tenaga honorer ini bisa jadi akan bertambah karena ada pegawai yang keluar masuk. Data honorer di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sendiri masih sementara berjalan penginputannya, namun telah melebihi data honorer yang ada di Keuangan.

“Data sementara masih 2962 orang yang lain belum masuk, karena SK bukan BKD yang buat tapi dari OPD masing-masing, jadi masih menunggu data yang lain masuk, ujar Sekertaris BKD Morut Irna Tumakaka kepada media ini.

“Biar ketemu besok sama yang tangani input data langsung di kantor kami. Supaya lebih akurat data yang sudah masuk,” ujar Kasubid Data BKD Morut yang sebelumnya juga menyampaikan data sementara.

Ironisnya jumlah tenaga honorer yang begitu banyak, juga ditumpangi dengan adanya dugaan honorer “siluman” di OPD bahkan honorer yang hanya hadir saat gajian. Pada tanggal 05 Juni 2021 media ini berhasil mengendus adanya honorer siluman di Satuan Pol PP Morut. Itu berarti pembayaran honorer yang dilakukan pada bulan Juni 2021 senilai 3,4 Milyar dari APBD termasuk membayar gaji honorer siluman juga.**

News Feed