oleh

Menuju Masyarakat Sehat, Wabup Morut Tegaskan Tugas Bidan Sangat Mulia

Menuju Masyarakat Sehat, Wabup Morut Tegaskan Tugas Bidan Sangat Mulia

BERITAMORUT.COM- Tugas bidan sangat mulia karena bersentuhan langsung dengan nasib dan kehidupan manusia.

Tak kenal waktu, mau pagi, siang, malam, para bidan harus selalu siap dan bertugas untuk menolong ibu-ibu yang mau melahirkan.
“Ini profesi sangat mulia. Tugasnya menyangkut keselamatan ibu dan anak,” jelas Wakil Bupati Morowali Utara, H. Djira K. SPd, MPd.

Penegasan itu disampaikan saat menghadiri pembukaan Musyawarah ranting Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Balai Desa Korololama, Kecamatan Petasia, Kamis pagi (3/6/2021).

Musran itu diikuti para bidan di tiga kecamatan yakni Petasia, Petasia Timur dan Petasia Barat.
Menurut Wabup, urusan mati (ajal) merupakan hak mutlak Tuhan sebagai Sang Pencipta, namun harus diakui peranan bidan sangat penting untuk menolong ibu dan anaknya.

Oleh karena itu, profesi bidan harus dijaga dan dihargai. Begitu juga para bidan harus menjaga kredibilitasnya, serta terus meningkatkan kualitas dan kemampuannya.

Wabup juga menegaskan, pemerintah daerah Morut saat ini menempatkan masalah kesehatan pada urutan pertama visi misi. Artinya, masalah kesehatan sangat penting dan menjadi prioritas utama.

“Visi dan misi kami adalah mewujudkan masyarakat Morut yang sehat, cerdas dan sejahtera. Ini sangat terkait dengan keberadaan bidan dan tenaga kesehatan lainnya,” jelas Wabup.

Ia menambahkan, sebagai wujud komitmen pemerintah daerah di bidang kesegaran, kini Pemda Morut sedang merintis dibukanya rumah singgah di beberapa kota rujukan seperti Palu dan Makassar sebagai tempat persinggahan bagi pasien dan keluarganya yang berobat lanjut.

Sementara itu, Ketua IBI Morut, Yusdah Eamaino, A.Md.Keb melaporkan sebagai pahlawan bagi pasien dan masyarakat, seorang bidan memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian anak (AKA).

Setelah Petasia bersaudara, muryawarah ranting selanjutnyaa akan di lanjutkan di kecamatan lainnya. (Ale/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed