oleh

Bupati Morut Bertemu Menaker di Jakarta, Komitmen Menaker Bangun BLK di Morut

BERITAMORUT.COM- Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menyatakan mendukung program Pemerintah Kabupaten Morowali Utara untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah penghasil tambang nikel, minyak sawit, karet, padi-palawija dan perikanan itu.

“Saya senang sore hari ini kedatangan tamu istimewa, Bupati Morut, didampingi Wakil Ketua DPRD H. Moh. Safri. Kami berdiskusi panjang tentang peningkatan kompetensi sumber daya manusia tenaga kerja di Morut,” ujar Menteri Ida Fauziyah usai menerima Bupati Morut Delis J. Hehi di kantornya di Jakarta, Kamis petang.

Pak Bupati ini, kata Menaker, ingin ada BLK yang dibangun di Morut. Beliau siap menyediakan lahan untuk itu.

“Dan yang paling penting adalah siap menyediakan tenaga kerja kompeten yang akan menjadi tuan rumah di Morut untuk investasi yang baru masuk,” kata menteri yang didampingi Bupati Delis.

Komitmen ini, kata Menteri Ida, saya sambut baik, mudah-mudaha kita bisa meresponnya tahun ini, kalau tidak tahun depan. Nanti kita akan bicarakan lebih lanjut.

“Yang penting, semangat terus pak Bupati dalam meningkatkan kompetensi angkatan kerja di Morowali Utara,” kata Menteri Ida menambahkan.

Morowali Utara merupakan kabupaten dengan nilai investasi ketiga terbesar di Indonesia dengan sektor unggulan adalah sektor pertambangan nikel.

Sebuah smelter nikel raksasa yang hingga saat ini sudah menyerap investasi hampir Rp. 30 triliun masih terus berkembang dan diproyeksikan akan menyerap sekitar 40.000 tenaga kerja. Tahun 2021 ini saja, PT. Gunbuster Nickel Indonesia (GNI) akan merekrut 11.000 tenaga kerja baru.

Pemkab Morowali Utara dan investor telah berkomitmen untuk menjadikan putra daerah sebagai prioritas utama dalam penerimaan tenaga kerja baru, sehingga pemkab terus mengupayakan peningkatan kompetensi calon tenaga kerja melalui BLK.

“Kami memohon kepada ibu Menteri Tenaga Kerja untuk mendukung Morut dalam membangun BLK,” ujar Bupati Delis. (Roma/Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed