oleh

Sidak Dinas Pendidikan, Staf Gelagapan Menjawab Pertanyaan Data dari Bupati Morut

BERITAMORUT.COM- Bupati-Wakil Bupati (Wabup) Morowali Utara (Morut) melakukan inspeksi mendadak (sidak) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Staf Dikdas gelagapan jawab permintaan data. Bupati catat sendiri jawaban-jawaban pertanyaannya.

Ada hal menarik yang terekam saat Bupati Morut Delis J. Hehi dan Wabub H.Djira melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Senin pagi 17 mei 2021.

Meskipun bupati dan wabub tampil penuh senyum dan sapa yang ramah tamah, namun terlihat para pejabat dan staf grogi juga.

Saat masuk ke ruang Bidang Pendidikan Dasar, bupati bertanya: berapa jumlah siswa SD dan SMP di Morut.

Beberapa staf tampak terdiam. Kelihatan bingung, termasuk Kadis Moh. Yamin. Jelas terlihat mereka tidak hafal data.

“Ya kira2 sekitar berapa,” pinta bupati Delis. Lalu seorang staf bernama Rais (bukan Azis seperti ditulis sebelumnya, sesuai klarifikasi Azis) tiba-tiba mengatakan: datanya sudah saya serahkan ke pak Kadis, sambil menunjuk Kadis Moh. Yamin yang berdiri di sebelah Wabub.

Wabub Djira langsung menegurnya dan mengatakan: He, seharusnya kadis yang tunjuk kau, bukan kau yang menunjuk Kadis. Tampaknya kau mau lepas tanggung jawab ya, ujar H. Djira tetap dengan nada bersahabat yang disambut tawa orang-orang dalam ruangan.

Lagi-lagi Rais merespon teguran Wabup dengan mengatakan: sebenarnya datanya ada di laci saya ini tapi kuncinya tidak ada, saya lupa bawa, katanya sambil menarik-narik laci terkunci itu.

Bupati Delis menegaskan agar semua staf memberi perhatian serius soal data. Kita kan punya program pendidikan gratis, untuk mewujudkan ini harus didasari data yang akurat dan aktual.

Delis juga menegaskan agar tidak ada lagi tindakan pemotongan Dana BOS seperti yang dikeluhkan sekolah-sekolah selama ini.

Di Morut saat ini terdapat 9.000an siswa SD dan sederajat serta 4.000an siswa SMP dan sederajat, di luar madrazah.

Dari Dinas P dan K melanjutkan sidak ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Badan Pendapatan Daerah.

Pada semua OPD yang dikunjungi, Bupati Delis menggali berbagai informasi dan meminta data-data yang dibutuhkannya dalam pengambilan kebijakan dan keputusan terkait upaya mewujudkan visi-misi menjadikan Morut Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS)

Selama sidak itu, bupati Delis mencatat sendiri dengan teliti semua info yang diperlukannya. (Roma/Media Center Delis & Djira)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed