BERITA MORUT

PT KMM di Morut Serobot Lahan Milik Nenek Hadjira

PT KMM di Morut Serobot Lahan Milik Nenek Hadjira

Morowali Utara-, Lahan warga Dusun Jarungke, Desa Bungintimbe, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah (Sulteng), diserobot oleh perusahaan tambang PT Katulistiwa Mineral Mining (KMM) yang mengolah batu ciping.

Penyerobotan lahan kebun ini, terjadi  sekitar 3 tahun silam tepatnya 2018, milik Nenek Hadjira (82).

Informasi nenek, penyerobotan ini dilakukan PT KMM untuk mengolah batu gajah dan ciping diwilayah Jarungke kampung tua eks kampung Bungintimbe itu.

Dia (nenek) menceritakan kronologis kejadian yang menimpah dirinya saat tanah kebun miliknya itu akan digunaka perusahan PT KMM.

Dijelaskanny, Toni, selaku pemilik PT. KMM itu selalu membujuknya agar tanah kebunnya digusur untuk penambangan batu ciping. Bahkan, Toni juga selalu menyuruh kaki tangannya agar membujut nenek hadjira.

“Saya katakan kepada Toni akan menyerahkan kebun kalau pihak perusahaan mau membayar dengan harga 2 miliyar,” kata nenek.

Namun, nenek mengaku hanya diberi 30 juta untuk ganti rugi lahan melalui transfer rekening milik cucunya. Sementara lahan kebunnya sudah digusur rata dengan tanah oleh perusahan.

Melihat kondisi lahan kebunnya yang sudah digusur, nenek pun kaget dan marah kepada Toni pemilik perushaan.

“Napareareka itoni tu, (bahasa daerah bugis) yang artinya bos perusahaan toni terlalu pandang enteng dia,” marahnya.

Nenek yang sudah janda itu berharapa ada penegak hukum yang dapat membantunya untuk menyelesaukan persoaalan tersebut.

“Saya ini tidak tau apa-apa nak, saya cuma berharap agar penegak hukum dapat membatu saya agar uang ganti rugi kebun saya sebesar 2 milyard¬† bisa dibayarkan oleh pihak perusahan PT Katulistiwa Mineral Mining(KMM), ” harap nenek dengan linangan air mata.

Untuk diketahui tanaman yang ada dikebun milik nenek Hadjira antara lain tanaman coklat 2 ratus pohon, tanaman durian, rumpun sagu,tanaman mangga.*(MS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close