BERITA MORUT

Butuh Bupati Gerakan Cepat Atasi Sejumlah Problem di Morut

Butuh Bupati Gerakan Cepat Atasi Sejumlah Problem di Morut

 

Morowali Utara- Morowali Utara (Morut) adalah kabupaten terakhir di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang akan menentukan kepala daerahnya yaitu Bupati dan wakil bupati terpilih dari 8 kabupaten kota dan propinsi yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Daerah yang menggelar pemilihan kepala daerahnya di Sulawesi Tengah adalah;

1. Kabupaten Poso
2. Kabupaten Toli-Toli
3. kabupaten Tojo Una-Una
4. Kabupaten Banggai
5. Kabupaten Sigi
6. Kabupaten Banggai Laut
7. Kabupaten Morowali Utara
8. Kota Palu
9. Sulawesi Tengah (Pemilihan Gubernur)

Terlambatnya kabupaten Morut berhubung persoalan hasil pilkada Morut harus melalui persidangan di Mahkamah Konstitusi yang baru diputuskan MK bulan Maret 2021 dengan perintah mengadakan PSU di TPS 01 desa Peboaa, TPS 01 desa Menyoe, TPS PT. ANA dalam 30 hari sejak putusan dibacakan.

Praktis pemimpin baru Morowali Utara kedepan memiliki waktu yang sangat terbatas dalam melaksanakan program kerja dan menata birokrasi pelayanan di Pemerintahan Kabupaten Morowali Utara sendiri.

Selain masalah birokrasi, pada bulan Juli setiap tahun berjalan adalah musim penghujan yang membuat sejumlah wilayah di Morut selalu tenggelam dan menyebabkan ratusan rumah warga terendam.

Di samping sejumlah persoalan daerah, saat ini pandemi belum berakhir. Maka kemampuan seorang Bupati yang menentukan langkah strategis sangat penting,

Persoalan ini adalah pekerjaan yang menanti pemimpin baru Morut mendatang. Maka gerak cepat pemimpin baru Morut akan sangat menentukan kemajuan daerah.

Keluhan warga disektor pendidikan dan kesehatan masih dominan, sementara penggunaan anggaran banyak terkesan mubazir dan lemah pengawasan DPRD Morut.

Semoga pemimpin baru Morut mampu bergerak cepat mengejar ketertinggalan dari daerah lain.**(Foto: Ikhwa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close