BERITA DAERAH

Wabup Sigi Hadiri Kegiatan Tanam Pohon, Bukit Asam Desa Sibedi

Wabup Sigi Hadiri Kegiatan Tanam Pohon, Bukit Asam Desa Sibedi

SIGI, – Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi menghadiri kegiatan penanaman pohon dilokasi wisata Bukit Asam Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Sabtu pagi, (13/3/2021) waktu setempat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Rimbawan Ke – 38 yang dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, Nahardi, dalam sambutannya menyebutkan bahwa selain untuk memperingati Hari Bhakti Rimbawan, kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap program Sigi Hijau Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi.

Nahardi berharap bahwa gerakan penanaman ini diikuti pula oleh pemeliharaan yang konsisten. Sebagai bagian dari upaya tersebut, pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Penanaman dan Pemeliharaan Pohon di lokasi wisata Bukit Asam Sibedi antara Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kulawi, Darwis, dan pengelola wisata, Hartono.

Sementara itu, Wakil Bupati Sigi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk menjaga kelestarian kawasan hutan di wilayah Sigi yang luasnya sekitar 75% dari total luas wilayah keseluruhan.

Oleh karena itu, beliau menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mendukung komitmen tersebut melalui kegiatan penanaman pohon di lokasi wisata Bukit Asam Sibedi.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Sigi menanam jenis pohon eboni atau kayu hitam yang merupakan jenis tanaman endemik pulau Sulawesi. Beliau berharap penanaman ini terus berkembang ke wilayah-wilayah lainnya dengan jenis tanaman yang lebih bervariatif, khususnya jenis tanaman produktif.

Beliau menyebutkan bahwa masyarakat sangat berminat pada jenis tanaman produktif yang tentunya selain memberi nilai pelestarian juga memberikan nilai ekonomi. Beliau menilai bahwa dengan minat tersebut akan diikuti oleh kesadaran masyarakat untuk memelihara.

Peringatan hari Bhakti Rimbawan diperingati setiap tanggal 16 Maret dan pada tahun ini diperingati dengan semangat tema “Terus Berbakti di Tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari”.

Pada kesempatan itu, panitia Hari Bhakti Rimbawan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah juga menyerahkan bantuan handzanitiser dan masker bagi masyarakat, yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sigi kepada Kepala Desa Sibedi dan Kepala Desa Beka.

Turut juga dalam penanaman itu, Kepala Balai Taman Nasional Lore Lindu, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Palu – Poso, Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sigi, Kepala Badan Pendapatan Kabupaten Sigi, Camat Marawola, unsur TNI dan POLRI, serta para Kepala UPT KPH dan tokoh masyarakat di sekitar lokasi penanaman.**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close