BERITA MORUT

Anak Morut Berprestasi Merantau ke Jakarta

BERITA MORUT- Astrid Julivanti Posawa yang biasa di sapa Cici adalah salah satu anak asli Kabupaten Morowali Utara (Morut) berprestasi yang memilih merantau ke Ibukota Jakarta untuk bekerja.

“Saya sudah kerja di Jakarta dari tahun 2013 di beberapa perusahaan. Jadi kak menurut saya, kenapa banyak perusahaan di daerah kita mengambil SDM dari luar, mugkin karena anak daerah masih banyak yang belum memenuhi capability yang di butuhkan oleh Perusahaan tersebut, misalnya dari edukasinya, skill dan lain lain. Jadi mungkin menurut ku lebih baik pemerintah fokus untuk memberikan pendidikan yang layak untuk anak anak daerah ( contohnya beasiswa untuk kuliah) bagi yang kurang mampu,” tulis Cici dalam pesan whatshap (8/3).

Salah satu penampilan Astrid

Dunia tarik suara adalah passion gadis manis berdarah Mori ini, malang melintang di Sulawesi Tengah dan beberapa kota besar lainnya telah dilaluinya. Bahkan pada tahun 2019 Cici mencoba peruntungannya di dunia politik dengan menjadi salah satu calon legislatif DPRD Morut dari partai PDI Perjuangan, walaupun gagal Cici terus menunjukan prestasinya. Ia adalah tampil dalam pembukaan debat kandidat calon Bupati Morut yang diselenggarakan KPU pada masa Pilkada tahun 2020 yang lalu.

Minimnya ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di daerah sesuai kebutuhan perusahaan adalah salah satu kendala. Jika Pemda Morut memang focus mendata anak daerah, maka banyak anak daerah yang selama ini diluar bisa di panggil kembali. Peran pemda penting memprioritaskan anak daerah.

Anehnya bukannya focus pada peningkatan mutu pendidikan di Morut. Yang terjadi di tahun 2020 Dinas pendidikan justru membangun taman depan. Sementara masih banyak sekolah yang memiliki bangku siswa yang rusak.**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close