BERITA MORUT

62 Personil Polres Morut Mendapat Suntikan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

62 Personil Polres Morut Mendapat Suntikan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

 

Morowali Utara- Polres Morowali Utara (Morut) menggelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama yang dipusatkan di Aula Polres Morowali Utara. Senin (08/3/2021).

Pemberian Vaksinasi tersebut digelar dalam rangka penanganan Covid-19 yang hingga kini masih merebak di Sulawesi Tengah dan khususnya di Kabupaten Morowali Utara.

Kegiatan vaksinasi ini digelar dengan melibatkan bantuan dari tenaga Kesehatan Puskemas Beteleme sebanyak 12 orang dengan peran dan tugas masing-masing.

Dalam prosesnya, Peronel Polres Morowali Utara melawati empat tahap yang sudah dibagi menjadi empat meja. Tahapan pertama, orang yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi ‘Peduli Lindungi’. Kemudian ke pos dua untuk skrining dan anamnase. Di pos ini calon penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

“Pos dua ini akan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin,” ungkap dr. Riska
Jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona yang berada di pos tiga.

Usai disuntik, penerima vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau KIPI (Kejadin Ikutan Pasca Imunisasi).

“Selama masa observasi ini, akan dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin. Jika timbul efek samping dari vaksin berupa gejala klinis akan dilakukan penanganan lebih lanjut,” sambungnya.
Dokter yang juga bekerja di Klinik Polres tersebut menegaskan, efek samping yang muncul atau KIPI tidak membahayakan. Biasanya gejala yang muncul adalah faktor alergi seperti vaksin vaksin lain.

Hingga berita ini diturunkan, Sebanyak 62 personel telah mendapatkan vaksin dan akan dilanjutkan kembali besok sehingga seluruh personel Polres Morowali Utara benar-benar mendapatkan vaksin.**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close