BERITA DAERAH

Pasca Bencana Relawan Morut Bantu Warga 2 Desa Terisolir di Sulbar

Relawan Morowali Utara Gotong Royong Bersama Relawan Kemanusian Peduli Sulbar Membantu Warga Desa Bela dan Desa Kopeang

Desa Bela dan Desa Kopeang, Kecamatan Tapalang, Mamuju Sulawesi Barat adalah dua desa yang hingga kini terisolir, akses dua desa tersebut tertutup puluhan titik longsor.

Untuk mengakses kedua desa ini di butuhkan berjalan kaki sejauh kurang lebih 12 KM dari Dusun Ulu Taan, desa Taan Kecamatan Tapalang.

Dari Dusun Ulu Taan sudah ada Posko yang sejak awal di bentuk SAR mapala Muhammadiyah Indonesia (SARMMI), dan kemudian telah membuat Shelter penampungan logistik di sekitar Sungai Taupe, dimana ini merupakan akses tengah menuju kedua desa tersebut. Bantuan hingga saat ini hanya dapat di drop via helikopter, alternatif lain harus di panggul melewati medan yang cukup berat dinkarenakan tertutup longsor.

Hari ini (5/2/2021) Relawan Morowali Utara yang di anggotai dua orang yakni dari Anak Alam Morowali Utara dan LPA. Wasupute turut serta membantu kawan-kawan SARMMI, Relawan Batara Guru Rescue and Response Indonesia untuk melansir paketan logistik dari Dusun Ulu Taan ke Shelter Sungai Taupa sejauh 4 km, dan kiranya kurang lebih 17 titik longsor yang harus di lewati.

Rencananya shelter yang sudah ada akan mempermudah warga Desa Bela dan Kopeang untuk menjemput bantuan. Tiap hari warga dari dua desa tersebut turun untuk mengambil bantuan dari Desa Ulu Taan. Mereka butuh waktu 1 hari untuk perjalanan P., bahkan mencapai 2 hari.

Hingga hari ini, masyarakat dari dua desa masih berusaha turun dengan bergotong royong menjemput bantuan di Ulu Taan. (Acca)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close