BERITA DAERAH

PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA 2021, LANAL PALU TABUR BUNGA DI TELUK PALU

PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA 2021, LANAL PALU TABUR BUNGA DI TELUK PALU

Teluk Palu – Komandan Lanal (Danlanal) Palu, Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E., M. Tr. Hanla yang di Wakili oleh Pgs. Palaksa Mayor Laut (P) Aspiono Torohula bersama jajaran melakukan tabur bunga di kawasan Teluk Palu, Jumat (15/1/2021).

Dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise II.6-65, prosesi tabur bunga berlangsungj khidmat dari atas kapal. Saat pelarungan bunga untuk mengenang arwah para pahlawan di jajaran TNI-AL yang gugur saat Operasi Trikora 1962, Komandan Lanal Palu yang di Wakili Pgs. Palaksa turut didampingi jajarannya.

Sebelumnya, Lanal Palu telah melakukan serangkaian kegiatan meliputi ziarah Rombongan ke TMPN Tatura untuk melaksanakan Penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan.

Peringatan Dharma Samudera ditandai dengan tabur bunga serta penghormatan kepada pejuang dan pahlawan yang gugur di laut, kegiatan ini dilaksanakan berlayar di perairan Teluk Palu dari Dermaga TNI AL Palu Watusampu.

“Peringatan Hari Dharma Samudera pada hakekatnya merupakan bentuk penghormatan, sekaligus untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan laut yang telah gugur dalam pertempuran laut untuk mempertahankan wilayah kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Danlanal Palu Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E., M. Tr. Hanla yang disampaikan oleh Pgs. Palaksa Lanal Palu selaku Irup dalam pelaksanaan tersebut.

Ia mengatakan jasa pahlawan harus dikenang, untuk menjadikan negara dan generasi semakin kuat ke depan, tanpa mengenang jasa pahlawan tidak akan kuat. “Upacara peringatan Dharma Samudera sebagai momentum introspeksi diri dan mengukur sejauh mana kadar pengabdian dalam upaya mewujudkan cita-cita luhur para pahlawan pendahulu bangsa Indonesia, yakni menjaga NKRI agar tetap utuh,” jelasnya.

Dikatakannya, penaburan bunga tersebut merupakan bentuk penghormatan mengenang jasa-jasa para pahlawan laut yang gugur dalam pertempuran di laut melawan penjajah seperti perjuangan pahlawan Yos Sudarso dalam mempertahankan kedaulatan Negara Indonesia di Laut Aru. “Hari Dharma Samudera diperingati setiap 15 Januari sejak tahun 1962 untuk mengenang peristiwa heroik di Laut Aru,” ujarnya.

Hal Senada yang disampaikan oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan S.Pi., M.M. , makna yang perlu diambil dalam peringatan Hari Dharma Samudera untuk generasi muda adalah mewarisi dan meneladani jiwa patriotisme para pahlawan. “Mereka penuh semangat hiroisme berjuang demi negara dan bangsa, kita saat ini harus demikian juga,” Ucapnya.

 

Adhy

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close