BERITA MORUT

Polda Sulteng Berhasil Meringkus Pelaku Peretas Situs Website Untad

Polda Sulteng Berhasil Meringkus Pelaku Peretas Situs Website Untad

 

BERITAMORUT.COM– Palu, Tim Cyber Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) meringkus dua orang pelaku pembobolan situs website Untad berinisial MYT 26 tahun swasta, warga palu timur dan RN 24 tahun swasta, masyarakat Kabupaten Donggala. Rabu, (13/01/2021).

Pelaku telah menipu beberapa orang tua calon mahasiswa dengan menggunakan akun Whatsapp dan kemudian mengatas namakan sebagai “Admin Untad” di Universitas Tadulako, pelaku menawarkan bisa membantu calon mahasiswa untuk masuk menjadi mahasiswa Universitas Tadulako yang semestinya tidak lolos pada ujian yang telah ditentukan.

Barang bukti

Tersangka mengaku membobol website Universitas Tadulako mulai tahun 2014, mereka juga bisa mengubah nilai semester kemudian mengubah nilai nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa.

Dari hasil penangkapan telah di amankan barang bukti berupa satu buah handphone, 3 unit mobil, BPKB, 3 buah sertifikat rumah, 1 bundel catatan mahasiswa Untad yang telah di perbaiki nilai nya, 1 buku rekening BRI, kemudian uang sebanyak 240 juta.

Dalam kasus ini pihak Universitas Tadulako mengalami kerugian menurun nya biaya UKT, Serta akreditas dan nama baik Untad ikut tercoreng.

Atas perbuatanya pelaku di jerat pasal 30 Junto pasal 46 dan atau 32 junto pasal 48 dan atau 35 junto pasal 51 Undang – undang nomor 19 tahun 2016 yang di ubah dengan Undang – undang 11 tahun 2018 tentang Informasi Transaksi Elektronik junto pasal 55 dan 56 KUHP selama 12 tahun kurungan penjara.

Humas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto, mengatakan “berdasarkan laporan dari pihak Universitas Tadulako yang di wakili oleh bapak Drs.Samsumarlin, M.Si Pada 4 November 2020, Polda Sulteng telah menangani kasus tersebut dan telah menangkap 2 orang pelaku” ucapnya.

“Diperkirakan sejauh ini pelaku meraup keuntungan hingga miliaran rupiah dengan menipu lebih dari 100 orang, dimana di tiap 6 bulan penerimaan mahasiswa baru, para pelaku menjalankan aksinya kepada calon mahasiswa dengan modus bisa meloloskan mahasiswa tersebut. Terangnya.

“Saya berharap agar kepala BAKP yang baru saja dilantik pada hari ini beserta jajarannya terus melakukan pengawasan dan komunikasi yang baik dan sistem IT di Untad harus lebih lagi” tutup Kombe Pol. Didik Supranoto.

 

Enos Tempali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close