SERBA SERBI

Sosok Ketua IP2MMU Aktivis Muda Morut Yang Kritis Suarakan Keadilan

Sosok Ketua IP2MMU Aktivis Muda Morut Yang Kritis Suarakan Keadilan

 

Morowali Utara- Muhammad Charly Tungka biasa di sapa Charly mahasiswa semester akhir Sekolah Tinggi Ilmu Perikanan dan Kelautan (STPL) Palu adalah sosok muda yang kritis dalam memperjuangkan hak petani,

Menjabat ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Morowali Utara (IP2MMU)
Visi IP2MMU : Menjadikan IP2MMU sebagai organisasi yang aktif dalam pergerakan, pengabdian untuk mewujudkan IP2MMU yang presentatif,dinamis dan sinergis.

Membangun tali persaudaraan dalam IP2MMU yang berjiwa militan sosial, integritas nasional, loyal, progresif dengan individu, organisasi dan masyarakat.

Charly Tungka Ketua IP2MU saat demo 11 januari 2021

Meskipun lahir di Manado Sulawesi Utara, Charly yang juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Muslim (HMI) ini besar di desa Baturube Kecamatan Bungku Utara dan sejak tahun 2000 sudah mendiami Kabupaten Morut berkomitmen memperjuangkan kebenaran atas hak-hak Petani desa Lee dan eksistensi Mahasiswa Morut sendiri.

Senin 11 januari 2021 untuk kesekian kalinya Charly dan sejumlah Mahasiswa Morut yang tergabung dalam aliansi untuk petani Lee, bersama Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) dan JATAM Sulteng mengkritik sikap BPN yang tidak taat pada putusan Mahkamah Agung 20 mei 2020 yang mengabulkan permohonan Kasasi dan mengabulkan gugatan penggugat seluruhnya, putusan MA yang menjadi kemenangan petani Lee, kemenangan rakyat Indonesia.

Ini aksi Charly dan kawan-kawannya memperjuangkan hak Petani Lee, jalan panjang dan terjal, bahkan saat diwawancarai disela-sela aksi 11 januari 2021, Charly menyebut kasus Sertifikat HGU antara petani desa Lee dan pihak BPN Morut, serta PT. SPN adalah kasus yang sudah berlarut-larut.

Benang kusut perampasan hak petani yang terus disuarakan, sampai menang di MA yang merupakan putusan Hukum tertinggi di Negara ini, kembali mendapat rintangan ketika belum dikembalikan hak rakyat, hak petani desa Lee.

Tidak hanya pada kasus petani Lee IP2MMU turun langsung, pada persoalan asrama mahasiswa Morowali Utara di kota Palu yang jadi masalah panjang, Charly dan mahasiswa Morut beberapa kali melakukan aksi demonstrasi,

Sosok muda seperti Charly dan yang lain, yang berani mengkritik kebijakan pemerintah kabupaten Morut sangat penting menjadi kontrol bagi berjalannya birokrasi yang berpihak pada rakyat dan keadilan.

 

Penulis: Hendly

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close