BERITA MORUT

Bupati Morut Jadi Irup Peringatan HAB ke 75 Kemenag

Bupati Morut Jadi Irup Peringatan HAB ke 75 Kemenag

 

Morowali Utara- Bupati Morowali Utara Moh. Asrar Abd. Samad, hadiri Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Kabupaten Morowali Utara, bertempat di Kompleks Kantor Kemenag Tompira.

Hari Amal Bakti Kementerian Agama di peringati setiap tanggal 3 januari, akan tetapi sesuai surat edaran dari Menteri Agama nomor 69 tahun 2020 untuk upacara HAB ke 75 tahun ini digelar secara serentak dan diundur jadwal pelaksanaannya menjadi hari selasa (5/1/2021).

Peringatan HAB Kementerian Agama di Kabupaten Morowali Utara dilaksanakan secara sederhana dan memperhatikan protokol kesehatan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Morowali Utara selain membacakan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, juga menyematkan penganugerahan Satya Lencana Karya Satya X dan XX Tahun dari Presiden RI kepada 8 ASN Kemenag Morut.

Bupati Asrar mengatakan, tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama. Kata ia, Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

“Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu,” Kata Asrar.

Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi, yang dibentuk melalui usulan sejumlah tokoh ulama dalam sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Diusia 75 tahun Kementerian Agama, mari kita maknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi dimasa mendatang.

“Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2021 ialah, “Indonesia Rukun” merupakan semangat nasional yang menempatkan Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju.”

Semangat Kementerian Agama baru dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci :
Pertama, Manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang semakin baik.
Kedua, Penguatan moderasi beragama, dan
Ketiga, Merawat Persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Hadir mendampingi Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Morut Hj. Megawati Amboasa, S.Ip., Sekretaris Daerah Kabupaten Morut Ir. Musda Guntur, MM., Kapolres Morut diwakili oleh Kabag Ren Kompol Sudjoko, Kakan Kemenag Kabupaten Morut Dra. Hj. Marwiah, M.Si., para KUA se Kabupaten Morut, para pejabat Kemenag dan jajarannya.

DIRGAHAYU 75 TAHUN KEMENTERIAN AGAMA.
Semoga pandemi covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah.

Mari jadikan Agama sebagai inspirasi Pembangunan Bangsa dan Negara.

Naskah : (Kemenag RI)
Editor : Rahmawati Donda

(Media Kominfo Morut)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close