Rumkit Dr. Sindhu Trisno Masuk Nominasi Lomba PKBRS Tingkat Nasional

Berita Daerah885 views

Rumkit Dr. Sindhu Trisno Masuk Nominasi Lomba PKBRS Tingkat Nasional

Palu- Rumah Sakit (Rumkit) Dr. Sindhu Trisno yang dulu bernama Rumkit Wirabuana Palu, mewakili Sulawesi Tengah (Sulteng) melaju lomba Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Tim penilai lomba PKBRS tingkat Nasional melakukan penilaian presentasi Rumkit Dr. Sindhu Trisno dan tanya jawab secara virtual selama 30 menit di ruang Aula Rumkit Wirabuana Palu, Rabu (18/11/2029).

Dalam paparannya Kepala Rumkit (Karumkit) Dr. Sindhu Trisno, Mayor Ckm dr.Teguh Ismanto Sp.An yang diwakili oleh Ketua PKBRS Rumkit Dr. Sindhu Trisno, dr. Abdul Faris, SpOG mengatakan, dalam meningkatkan dan memantapkan program pelayanan KB di Rumkit Dr. Sindhu Trisno telah bekerja sama dengan mitra kerja baik internal maupun eksternal. Salah satunya Perwakilan BKKBN Sulteng dengan membuat kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU) tentang peningkatan capaian pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Selain itu Rumkit Dr. Sindhu Trisno juga melakukan inovasi menarik untuk mempromosikan keluarga berencana. Memaksimalkan MoU dengan BKKBN Sulteng rutin mengadakan Baksos Gratis pada kegiatan momentum seperti Hari Keluarga Nasional (HARGANAS), Pelayanan TNI KB-Kes, Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Hari Vasektomi Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Selain pelayanan, rumkit juga selalu memperhatikan kualitas sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan baik bidan ataupun dokter salah satunya dengan mengikutkan mereka pada pelatihan CTU IUD-Implant.

Hal itu merupakan upaya dan strategi Rumkit dalam meningkatkan kualitas program KB. Untuk menurunkan angka kegagalan dan komplikasi penggunaan kontrasepsi, serta menurunkan angka ketidakberlangsungan pemakaian kontrasepsi atau angka putus pakai, ujarnya saat pemaparan ke tim penilai.

Koordinator Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Provinsi Sulteng Dra. Andi Kameriah, M.A.P. mengatakan saat ini Rumkit Dr. Sindhu Trisno sudah masuk 5 nominasi tingkat nasional. Rumkit Dr. Sindhu Trisno mewakili Sulteng sebagai rumah sakit TNI/Polri bersaing dengan 4 Rumah Sakit lain di Indonesia yaitu RS Bhayangkara Nganjuk, RS Bhayangkara Polda DIY, RS Polri Sukabumi dan RS Bhayangkara Mataram.

Untuk diketahui lomba ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Rumah Sakit yang telah konsisten memberikan pelayanan KB di Rumah Sakit. Sementara tim penilai lomba terdiri dari Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan dan Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia.*(BKKBN SULTENG)

Komentar