Gubernur Membuka Forum Petani Sawit dan Pengukuhan Pengurus DPW APKASINDO Sulteng

Berita Daerah595 views

Gubernur Membuka Forum Petani Sawit dan Pengukuhan Pengurus DPW APKASINDO Sulteng

Palu- Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Mulyono,SE,Ak,MM secara resmi membuka Forum Petani Sawit bertemakan Penguatan Kemitraan Pelaku Usaha Perkebunan Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani Sawit Pengukuhan Pengurus DPW APKASINDO Sulawesi Tengah Periode 2020-2025 oleh Ketum DPP APKASINDO Ir.Gulat Manurung,MP,C.APO yang diketuai Siswanto,S.P, Jumat (20/11) bertempat di Swissbell Palu.

“Selamat kepada saudara-saudara pengurus DPW APKASINDO Sulawesi Tengah yang sudah dipercayakan sepenuhnya untuk menggerakkan organisasi,”jelas gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Mulyono,SE,Ak,MM.

Gubernur berharap para pengurus yang telah dikukuhkan bersama pelaku usaha perkebunan untuk proaktif membantu pemerintah daerah dalam hal membina dan membimbing para petani kelapa sawit.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Ir. Gulat Medali Emas Manurung, MP,C.APO minta para pihak yang berkepentingan dengan kelapa sawit untuk tidak menengok persoalan yang ada pada industri kelapa sawit itu secara parsial.

Menurutnya, luas kebun kelapa sawit di Indonesia sudah mencapai 16,38 juta hektar.

Di tengah pandemi COVID-19, sampai September 2020, sektor minyak sawit memberikan sumbangan devisa ekspor sebesar USD 15 miliar.

Sumbangan sawit ini memastikan neraca perdagangan Indonesia pada periode itu surplus.

Ada sekitar 2,6 juta tenaga kerja langsung yang bekerja di sektor sawit dan sekitar 3 juta tenaga kerja tidak langsung serta petani.

Dari total luas lahan perkebunan sawit Indonesia yang mencapai 16,3 juta hektar, sekitar 7 juta hektar atau 43%, perkebunan sawit rakyat.

Nampak hadir Forkopimda Prov. Sulawesi Tengah, Para Petani Sawit Sulawesi Tengah.

 

Sumber: Humas Protokol

Komentar