BERITA MORUT

Dokter Delis Jelaskan Peranannya di DPD RI

Dokter Delis Jelaskan Peranannya di DPD RI

KOLONODALE – Calon Bupati Morowali Utara (Morut), Dr. dr. Delis Julkarson Hehi MARS akhirnya buka suara tentang fungsi dan peranannya selama menjabat sebagai anggota DPD RI mewakili daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah periode 2014 – 2019.

“Selama ini ada yang mempertanyakan apa yang saya buat selama menjadi anggota DPD RI. Bahkan ada yang mempersoalkannya di fesbuk. Ini karena mereka tidak tahu apa sesungguhnya fungsi dan tugas DPD RI tersebut,” tegasnya.
Hal itu diungkapkan Dokter Delis saat menyampaikan visi misi sebagai calon bupati dalam acara kampanye di Kelurahan Bahontula, Kolonodale, Selasa malam (3/11/2020).

Penjelasan yang sama juga disampaikan saat berkampanye di Desa Ganda-ganda dan Kelurahan Kolonodale.

Menurutnya, sesuai amanat undang-undang, tugas DPD RI ada dua yakni membuat rancangan undang-undang dan mengawasi pelaksanaan undang-undang.

Tugas antara DPD RI dan DPR RI sangat berbeda. Banyak masyarakat yang tidak mengerti perbedaan antara kedua lembaga pemerintah tersebut.

“Tidak ada proyek di DPD RI. Tidak ada hak anggaran dan hak budgeting di DPD. Itu hak dan kewenangan DPR,” jelasnya.

Meski demikian, putra daerah Morowali Utara tersebut memiliki reputasi yang patut dibanggakan selama menjadi anggota DPD RI. Ia terpilih sebagai Ketua Fraksi DPD RI di MPR. Ia terpilih dari 132 anggota DPD RI saat itu.
Delis juga tercatat berhasil memperjuangkan nasib honorer K2 (Kategori 2) untuk diangkat sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam kapasitasnya sebagai anggota Komite III DPD RI, saat itu Delis memimpin delegasi ke istana untuk memperjuangkan nasib honorer K2. Mereka bertemu dan berhasil bernegosiasi dengan Menko PMK Puan Maharani.

“Jadi kalau hari ini tenaga honorer K2 diterapkan/diangkat sebagai PPPK, itu hasil perjuangan kami selama menjadi anggota DPD RI,” jelasnya.

Komite III DPD RI bermitra dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Sebagai anggota Komite III DPD RI, Dokter Delis beberapa kali melakukan kegiatan/kunjungan terkait bidang tugasnya di Morowali Utara. **

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close