BERITA NASIONAL

Karya Sang Jenderal Toraja untuk Indonesia; Ground Breaking Smelter Nikel dengan Total Investasi Rp 51 Triliun

Karya Sang Jenderal Toraja untuk Indonesia; Ground Breaking Smelter Nikel dengan Total Investasi Rp 51 Triliun

BERITAMORUT.COM, JAKARTA- Insmerda Lebang, Ketua Umum Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI), terus berkarya untuk Indonesia. Purnawirawan Polri dengan pangkat terakhir Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) ini baru saja menerima penghargaan dari National Award Foundation category Indonesia Executive Profesional & Leadership atas konsistensi dan kerja keras beliau.

Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang adalah adalah tokoh Toraja yang juga pernah menjabat Kepala Badan Pembinaan Keamanan Polri (2004-2006), dengan pangkat Komisari Jendral saat masih aktif di institusi Polri.

Komjen. Pol (Purn.) Insmerda Lebang saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT. Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE). Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan tersebut akan melakukan Ground Breaking Smelter Nikel berkolaborasi melalui empat perusahaan asing, termasuk dari Tionkok, Jepang dan Korea dengan total inveasti Rp 51 Triliun. Rencananya peletakan batu pertamana akan di lansanakan pada tanggal 27 Oktober 2020 mendatang, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Sulawesi Tengah.

Smelter yang akan menghasilkan baterai untuk kendaraan listrik akan membutuhkan ribuan tenaga kerja yang dipastikan akan membangkitkan kembali ekonomi daerah Sulawesi Tengah dan sekitarnya pasca bencana gempa dan tsunami 2018.

Jiwa kepemimpinan dan semangat juang untuk berkarya bagi bangsa dan negara terus membuat Insmerda Lebang, putra Toraja kelahiran 27 Desember 1949 ini terus berinovasi. “Kita harus memiliki keberanian untuk berinovasi dan berimprovisasi yang didasarkan pada visi yang jelas sehingga menimbulkan keyakinan dan tindakan. Inilah esensinya jika ingin memperoleh keberhasilan. Tapi kalau ragu-ragu dan hanya menunggu itu tidak akan membawa hasilnya,” ujar Insmerda Lebang, beberapa waktu lalu.

Insmerda juga berpesan agar para generasi muda, khususnya anak muda Toraja, agar lebih kreatif dan inovatif. Generasi muda Toraja harus lebih proaktif ke depan dan siap untuk bersaing. “Tunjukkan bahwa dengan bekerja, kita membuktikan karya kita kepada nusa dan bangsa,” katanya.

Komjen Pol. (Purn) Insmerda Lebang memiliki sederet pengalaman dan karya, baik di lingkup Polri maupun BUMN. Insmerda Lebang pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Timah Tbk dan Komisaris PT Feron Tambang Kalimantan. Dia juga pernah menjabat Komisaris PT Garuda Indonesia TBK, Komisaris PT Pelindo Energi Logistik dan PT Pelindo Indonesia III. Saat ini beliau juga masih menjabat sebagai komisaris di salah satu bank swasta papan atas di Indonesia. (*)

 

Sumber: KarebaToraja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close