BERITA MORUT

BERITA DUKA: Selamat Jalan Bapak Yahya Patiro

Palu- Kabar duka meninggalnya salah satu tokoh perjuangan berdirinya Propinsi Sulawesi Tengah Yahya Patiro meninggal dunia, hal ini disampaikan dalam postingan media sosial milik Pendeta Rynaldy Damanik minggu 25 oktober 2020.

“DUKACITA YG MENDALAM
Bapak Yahya Patiro telah meninggal dunia hari ini, 25 Oktober 2020 di RS Undata Palu.
Tuhan memberikan kekuatan dan berkat kepada seluruh keluarga”demikian postingan Pendeta Damanik,

Sosok Yahya Patiro pernah menjabat sebagai Sekkab Poso, setelah pensiun ia banyak berkecimpung di Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST).

Di masanya sosok Yahya Patiro adalah tokoh penting dalam sejarah perjuangan terbentuknya Propinsi Sulawesi Tengah. Sosok Yahya Patiro bersama para Pelajar-mahasiswa baik yang berada di daerah maupun yang di luar wilayah Sulawesi Tengah semuanya merapatkan barisan, bersatu menuju cita-cita terbentuknya Provinsi Sulawesi Tengah.

Dikutip dari Beritapalu.com Beberapa tokoh mahasiswa yang saat itu ikut dalam perjuangan pembentukan Propinsi Sulteng antara lain Azis Lamadjido, Tjatjo Thaha, Hamdi Talo, dari Makassar, Aminudin Ponulele, Syahbudin Labajo, Yahya Patiro, dari Manado. Ikut pula dalam pergerakan itu, mahasiswa Sulawesi Tengah di Jawa antara lain: Andi Mansur (Surabaya), Theo Tumakaka (Malang), Ismaun Dg. Marotja, Rusdi Habibu, Yusuf Hutuna (Solo), Paul Molindo (Bandung), Yohanis Santo (Salatiga) dan Yahya Ponulele (Bogor).

 

REDAKSI

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close