BERITA MORUT

Peringatan HUT ke-75 TNI Digelar secara Virtual di Makorem 132/Tadulako

Peringatan HUT ke-75 TNI Digelar secara Virtual di Makorem 132/Tadulako

Palu- Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-75 tahun 2020 di pusatkan di Makorem 132/Tadulako, Senin (5/10/2020). Peringatan HUT TNI dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan HUT Ke-75 TNI kali ini dilaksanakan secara virtual di tengah pandemi covid-19.

Sebelum acara puncak HUT TNI, Korem beserta Kodim jajarannya telah menggelar beberapa serangkaian kegiatan. Mulai dari donor darah, pembagian sembako, lomba yel-yel, dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan.

Upacara HUT TNI ke-75 di Makorem 132/Tadulako ini diikuti oleh Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf M. A, Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, Kapolda Sulteng yang di wakili Wakapolda Brigjen Pol Hery Santoso, SIK, MH, Ketua DPRD yang diwakili, Kabinda Sulteng, Kajati, KPT, Kasrem 132/Tdl, Danlanal Palu dan Danyonif 711/Rks.

Presiden RI Ir. H Jokowi masuk ke ruangan Istana Negara dan mimbar kehormatan untuk memimpin upacara pukul 09.00 WIB. Setelah itu, dia menginspeksi pasukan yang mengikuti upacara. Para pasukan terdiri dari tiga perwakilan mantra TNI lengkap dengan satuan di dalamnya. Upacara disiarkan secara virtual di istana Negara.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta. kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

Dalam amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengatakan saya apresiasi atas peran TNI selama ini, khususnya di masa pandemi Corona.

Lanjut, “Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia, kini berkubang dalam perang melawan COVID-19, musuh tak kasat mata yang memorak-porandakan hampir semua tatanan kehidupan,” Ucap Presiden.

Bapak Jokowi sangat mengapresiasi peran TNI selama ini, dalam menghadapi pandemi COVID-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di Daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya: dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus COVID-19,” tuturnya.

Presiden bersyukur kepada prajurit TNI bahwa telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri prajurit TNI, karakter pejuang ini harus terus melekat dan terlembaga dalam pengabdian prajurit TNI dimanapun berada. Karakter pejuang yang selalu siap untuk besinergi bekerjasama bahu-membahu dengan berbagai elemen bangsa, sinergi antar koprs, sinergi antar matra, sinergi antar instansi serta sinergi dengan TNI-Polri. Presiden juga berharap TNI selalu bersikap professional. Presiden juga berharap agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI teruslah menjadi Tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat”

Para peserta yang hadir dalam rangka HUT TNI ke-75 di Makorem 132/Tdl ini cukup terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (Penrem_132)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close