Prestasi UPT Puskesmas Beteleme Masuk 10 Besar Puskesmas Terbaik Sulteng Tahun 2020 Berdasarkan IKS

BERITA MORUT1,751 views

Prestasi UPT Puskesmas Beteleme Masuk 10 Besar Puskesmas Terbaik Sulteng Tahun 2020 Berdasarkan IKS

Beteleme, Morowali Utara- Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Puskesmas (PKM) Beteleme Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara (Morut) berhasil masuk 10 besar Puskesmas terbaik Sulawesi Tengah berdasarkan Indeks Keluarga Sehat (IKS).

Prestasi membanggakan PKM Beteleme tersebut diraih setelah dilakukan pendataan sebanyak 1998 keluarga didata, dan meraih IKS 0,289. Keberhasilan ini di sampaikan oleh Kepala UPT PKM Beteleme Yapen Mart Katuwu, SKM kepada media ini, senin 14 september 2020.

“Kenaikan Indeks Keluarga Sehat (IKS) dari berhasilnya penggunaan jamban sehat, pada saat pendataan masih banyak yang belum memiliki jamban , namun dari tahun 2018-2019 penggunaan jamban sehat sudah mencapai 95%,

Kemudian partisipasi masyarakat yang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah banyak dari tahun sebelumnya,

Kemudian indikator persalinan di tenaga kesehatan sudah mencapai 100%,” ujar Yapen sapaan akrab Kepala Puskesmas Beteleme.

Yapen juga menambahkan faktor lain yang jadi indikator pencapaian tersebut termasuk,

“Adanya peningkatan cakupan Asi Ekslusif,

Kemudian Peningkatan penderita TB paru, yg telah berobat rutin,

Kemudian Penderita hipertensi rutin memeriksaan kesehatan serta rutin meminum obat,

Kemudian imunisasi yang telah mencapai 98%, serta peningkatan penggunaan air bersih, ujar Yapen.

UPT Puskesmas Beteleme targetkan IKS dapat masuk dalam 3 atau 5 besar di Sulawesi Tengah,

“Dan pada tahun 2020 ini yang di intervensi ketat adalah penimbangan balita di posyandu,.gerak Keluarga Berencana (KB) yang berkesinambungan dan penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang bersinergi, jika kemudian 3 hal tersebut tuntas, maka peningkatan IKS akan mencapai 5 sampai 3 besar di Sulawesi Tengah,” ujar Yapen.

Inovasi yang dituangkan dalam karya kerja nyata untuk mengukur dampak, sebelum dan sesudah karya dilakukan peran Evidence Based adalah properti keberhasilan yang mengantarkan UPT Puskesmas Beteleme masuk 10 Besar tingkat Propinsi Sulawesi Tengah.

 

 

Hendly

Komentar