BERITA MORUT

Bupati Sigi Resmikan Kecamatan Sigi Kota

Bupati Sigi Resmikan Kecamatan Sigi Kota

SIGI – Senin 14 September 2020, bertempat di Desa Bora, Bupati Sigi Mohamad Irwan meresmikan Kecamatan Sigi Kota yang beribu kota di Desa Bora dan dimekarkan dari tiga Kecamatan yang terdiri atas sepuluh Desa yaitu Kecamatan Biromaru (Desa Bora, Watunonju, Oloboju, Sidera, Soulowe, Maranata dan Sidondo 4), Kecamatan Dolo (Vatu Bula dan Vatu Ralele), Kecamatan Palolo (Desa Sigimpu) sekaligus melantik serta mengambil sumpah jabatan Ajusiar Muhammad Amin,AP, sebagai Camat Sigi Kota dan Novseli,S.STP, sebagai Sekretaris Kecamatan Sigi Kota serta beberapa Pejabat Administrator dan Pengawas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sigi.

Pemekaran Kecamatan ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan ini berdasarkan pada :

1. Ketentuan Pasal 71 Ayat (2) Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016,menegaskan bahwa “Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati atau Wakil Bupati,dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian Pejabat enam (6) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri”.

2. Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 821/4087/SJ Tanggal 16 Juli 2020 Tentang Persetujuan Pengangkatan Dan Pelantikan Pejabat Administrator Dan Pejabat Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi.

3. Surat Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Nomor 800/121/BKD Tanggal 29 Juli 2020 Tentang Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sigi.

Bupati Berharap Kepada Camat yang baru dilantik, agar dapat cepat menyesuaikan diri dan membangun hubungan dengan Tokoh-Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda yang ada di Wilayah Kecamatan Sigi Kota dan segera melakukan rapat koordinasi dengan para Kepala Desa. Beliau juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam membangun Daerah ini.

Kepada para Pejabat yang baru dilantik, Bupati juga berharap kiranya dapat mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing yang telah diamanatkan dengan sebaik-baiknya serta penuh rasa tanggung jawab dan selalu berdasarkan pada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Hadir pula pada acara tersebut yaitu Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Unsur FORKOPIMDA, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Ketua Forum Pemekaran Kecamatan Sigi Kota, para Kepala Desa,Tokoh Adat, dan Masyarakat.

 

Sumber: Diskominfo Kabupaten Sigi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close