BERITA DAERAH

Pacu Gairah Ekspor di Luwuk Melalui Temu Usaha

Pacu Gairah Ekspor di Luwuk Melalui Temu Usaha

Luwuk – Potensi komoditas daerah dari Kabupaten Banggai, khususnya komoditas pertanian unggulan daerah perlu didorong dan dioptimalkan sebagai upaya meningkatkan daya saing produk pertanian dan perekonomian daerah. Komoditas yang memiliki potensi besar tersebut antara lain, jagung, kakao, olahan kelapa, dan lainya yang bisa memenuhi kebutuhan nasional bahkan pasar ekspor.

Ekspor produk pertanian langsung dari Luwuk sudah dilakukan. Antara lain, produk olahan kelapa seperti tepung kelapa dan minyak kelapa. Komoditas lain yang potensial perlu dikembangkan dan didorong untuk melakukan ekspor langsung dari Luwuk.

Soma Wijaya (02/09) kepala Karantina Pertanian Palu sangat mengapresiasi kegiatan bimbingan teknis dan temu usaha yang dilakukan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peluang usaha dan atau subtitusi impor hasil tanaman pangan, dalam upaya bagian dari gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks).

“Masih banyak komoditas pertanian lainnya yang sangat potensial dari Kabupaten Banggai. Komoditas tersebut akan kami dorong untuk bisa ekspor, salah satunya jagung,” ucap Soma saat pemaparan dengan pemangku kepentingan dan pelaku usaha jagung Kabupaten Banggai.

Berdasarkan data IQFAST Barantan, dari tahun 2018 hingga tahun 2020 saat ini jagung dari Kabupaten Banggai masih banyak dilalulintaskan antar area saja dengan tujuan Surabaya. Selanjutnya Karantina Pertanian Palu akan mendorong beragam komoditas tersebut untuk ekspor langsung dari Luwuk.

 

Sumber: KarantinaPertanianPalu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close