BERITA DAERAH

Galakkan Gratieks Untuk Pacu Peningkatan Ekspor Di Sulteng

Galakkan Gratieks Untuk Pacu Peningkatan Ekspor Di Sulteng

PALU, BERITAMORUT.COM- Potensi wilayah Sulawesi Tengah
Khususnya dari komoditas pertanian perlu di dorong dan dioptimalkan sebagai upaya meningkatkan daya saing produk pertanian yang berdampak signifikan terhadap perekonomian daerah. Hal ini sejalan dengan rilis BPS yang menyebutkan sektor pertanian merupakan sektor yang menjanjikan dan tumbuh dengan kondisi perekonomian negara yang lesu akibat masa pandemi saat ini.

Banyak komoditas unggulan daerah yang potensial untuk dikembangkan khususnya untuk dapat menembus pasar ekspor selain komoditas yang rutin sudah dilakukan ekspor. Komoditas yang memiliki potensi besar tersebut antara lain, jagung, kakao, olahan kelapa, sarang burung walet, durian dan lainya.

Soma Wijaya (27/8) kepala Karantina Pertanian Palu mengungkapkan pihak karantina terus lakukan upaya bersama baik dengan pemangku kepentingan maupun dengan pelaku usaha secara konsisten dalam usaha mendorong komoditas potensial tersebut meningkat baik dalam volume, frekuensi, jumlah negara tujuan serta diversifikasi produk.

“Segala upaya peningkatan ekspor langsung dari Sulteng ini kami kemas dalam suatu gerakan yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks)”, imbuh Soma disela penyampaian sebagai narasumber dalam webinar yang dilaksanakan oleh BPS Provinsi Sulteng.

 

Sumber: KarantinaPertanianPalu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close