BERITA DAERAH

Tingkatkan Ekonomi Pesisir, Lanal Palu Tebar Lima Ribu Benih Bandeng

Tingkatkan Ekonomi Pesisir, Lanal Palu Tebar Lima Ribu Benih Bandeng

DONGGALA, BERITAMORUT.COM- Banawa Utara, Kab. Donggala-Sulteng. Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Palu Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E. M. Tr. Hanla menebar benih 5.000 (Lima Ribu) bibit Ikan Bandeng di Lahan Tambak Binaan Lanal Palu, Desa Batu Rokok, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala. Sulawesi Tengah. Penebaran bibit ikan bandeng dilakukan bersama-sama Perwira Staf Lanal Palu Ketua Jalasenastri Cab. 4 Korcab VI DJA II dan Pengurus Jalasenastri, Babinsa Desa Batu Rokok Kodim 1306/Dgl, Kepala Desa Batu Rokok Kabupaten Donggal, H. Isyak dan Ibu serta H. Taufik bersama Crew Samson Fishing Clup disaksikan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Palu menyampaikan dengan optimalisasi lahan tidur menjadi lahan tambak produktif budi daya Ikan Bandeng diharapkan akan membantu meningkatkan perekonomian serta gizi masyarakat pesisir khususnya Kab. Donggala.

“Masyarakat akan semakin sadar bahwa lahan pesisir yang selama ini dianggap tidak produktif ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian yaitu dengan kreativitas yang salah satunya budidaya ikan bandeng” harap Danlanal.

Lebih Lanjut Danlanal juga mentargetkan setiap bulan, 3 (Tiga) hektar lahan tidur di pesisir pantai Kab. Banawa akan dijadikan sebagai tambak produktif dan tentunya semua itu dengan melibatkan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala, dengan tujuan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat pesisir dan kemajuan Pemerintah Kabupaten Donggala, saat Pandemi Covid 19 yang belum juga reda.

Program ketahanan pangan merupakan wujud aksi arahan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar Wilyah Jajarannya dapat mempertahankan aspek ketahanan Pangan,
pelaksanaan ketahanan pangan yang telah diprogramkan oleh Komando atas serta anjuran pemerintah dalam mengatasi ketahanan Pangan disaat Pandemi Covid 19.

Semoga 5 bulan ke depan dapat dipanen dengan hasil yang memuaskan sehingga dapat mendukung ketahanan pangan masyarakat Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Donggala dan semoga dapat menjadi contoh yang baik untuk masyarakat yang lain yang menekuni budidaya Tambak Bandeng dan udang vaname di Desa Batu rokok. Ucap Danlanal.

Tidak lupa pula serta tokoh masyarakat dalam melaksanakan kegiatan ini, semua pihak yang telah membantu pelaksanaan ini kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. (Adi/Hend)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close