BERITA MORUT

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Kukuhkan Pengurus Pramuka Lapas Kolonedale

Berita Morut, Morowali Utara – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kemenkum) dan HAM Sulawesi Tengah mengukuhkan dan melantik Majelis Pengurus Pramuka Gudep Teritorial Lembaga Permasyarakatan kelas lll Kolonedale, serta peninjauan sarana dan prasarana pelayanan publik berbasis HAM di gedung Permasyarakatan kelas lll Kolonedale. Senin, (31/08/2020).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Sulteng) Lilik Sujandi, Bc.IP., S.IP., M.SI mengukuhkan dan meresmikan pramuka gugus depan No 19-12-01-423/424 Teritorial Lapas Kelas lll Kolonedale. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Lapas (Kadivpas) Sunar Agus, Bc.IP., SH.,MH, Kepala Lapas kelas lll kolonedale Mansur Yunus Gafur, SH., MH, perwakilan dari Koramil 1311-03/Petasia serta pengurus pramuka kwartir cabang Kabupaten Morowali Utara.

Dalam Konferensi Pers Kakanwil, Lilik Sujandi mengatakan “kita perlu menigkatkan performa dari pada pembinaan narapidana melalui aktivitas yang cukup pantas melalui kegiatan kepramukaan yang bersifat nonformal seperti ini sehingga kerakter mereka tidak hanya terbentuk dengan perintah dan larangan dan kiranya tentang pembelaan bela negara bagi warga binaan ini sudah bukan lagi sunah, ditengah kondisi bela negara saat ini. Saya kira kita perlu menggiatkan kembali pembelaan bela negara ini untuk adik – adik kita warga binaan” dalam kesempatan yang sama Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulteng meresmikan sebuah layanan baru yang bisa diakses seluruh masyarakat dimanapun mereka berada tentang terkait kunjungan yang walaupun sekarang masih virtual akan tetapi kedepannya diharapkan akan sangat membantu.

“kirannya menjadi dorongan kepada kita semua di lapas kelas lll baik dari pemerintah daerah, maupun dari bapak Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM serta gerakan pramuka kwarcap morowali utara dalam mengemban tugas yang diberikan” ucap Mansur Yunus Gafus, SH.,MH kepala lapas kelas lll kolonedale dalam sambutan yang di berikan.

Sekretaris Daerah mewakili Bupati Morowali Utara sebagai ketua majelis pembimbing kwartir cabang morut menyampaikan memang untuk pembinaan generasi muda salah satunya wadah yang bisa kita lakukan lewat gerakan pramuka dalam kaitan untuk merubah mindset, pola berpikir, bersikap, dan karakter dari anak muda itu sendiri apa lagi teman – teman sebagai warga binaan yang ada di lapas kelas lll kolonedale, kami berharap dengan terbentuknya majelis pembimbing ini bisa lebih mengaktifkan sekaligus sebagai isyarat kepada saka – saka lainnya. Oleh sebab itu saya rasa satuan karya seperti ini harus dibentuk dimasing – masing SKPT.

Reimon Monsangi, SE selaku Ketua kwartir cabang gerakan pramuka Morowali Utara dalam kesempatan yang diberikan menyambut baik pembentukan Majelis Pengurus Pramuka dilapas kelas lll kolonedale seperti yang dikatakan dalam sambutannya bahwa “sebagaimana kita ketahui bahwa pramuka adalah bentuk pendidikan nonformal yang bertujuan untuk membentuk warga negara Indonesia menjadi warga yang pancasila, patuh dan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia. Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan skil untuk keutuhan membangun dirinya sendiri sehingga dapat lebih baik.

 

Reporter: Enos Tempali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close