BERITA MORUT

Bupati Morut Peletakan Batu Pembangunan RS Pratama Baturube, Dengan Nilai Capai 46 Milyar

BUNGKU UTARA- Bupati Morowali Utara, Moh. Asrar Abd. Samad melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama, di Desa Baturube, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morut, Sabtu (15/8/2020).

Bupati bersyukur segera berdirinya RS Pratama ini, dan ia sangat mengharapkan kehadiran rumah sakit ini bisa melayani kebutuhan masyarakat akan fasilitas kesehatan utamanya bagi masyarakat Kecamatan Bungku Utara dan Kecamatan Mamosalato dan sekitarnya.

“Alhamdulillah hari ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan RS Pratama, dengan pemilihan lokasi yang strategis ini kami berharap agar masyarakat bisa lebih mudah dan terbantu nantinya untuk menerima layanan kesehatan yang baik,” ujarnya.

Pembangunan RS Pratama ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan TA.2020 dari Kemenkes RI sebesar 28.571.508.000 untuk pembangunan fisik dan 17.652.802.450 untuk belanja alat kesehatan.

Selain lebih majunya dunia kesehatan di Baturube, ini merupakan momentum dan sangat strategis sebagai bukti nyata hadirnya Pemerintah Daerah dalam sebuah komitmen untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan.

Dengan dibangunnya RS Pratama merupakan salah satu jawaban atas terbatasnya fasilitas kesehatan yang ada di kabupaten Morut saat ini yang hanya memiliki 1 RSUD type C di Kolonodale, 14 Puskesmas, 47 Pustu dan 58 Poskesdes yang tersebar di 10 kecamatan.

Selain itu akan dapat meringankan beban masyarakat yang tidak mampu berobat di RSUD Kolonodale yang jaraknya cukup jauh dari kecamatan Bungku Utara maupun Mamosalato.

Beliau meminta restu dan doa semua masyarakat Bungku Utara agar pembangunan RS Pratama ini bisa berjalan lancar sesuai progres dan waktu pelaksanaan selesai tahun 2020 ini, berharap Dinas Kesehatan mengawal proses pembangunan dan pengadaan alkes di RS Pratama ini dengan sebaik-baiknya.

Diakhir sambutannya Bupati menghimbau bahwa “Morut salah satu daerah di Sulteng yang akan mengikuti Pemilukada serentak oleh karena itu mari kita selalu menjaga kondusifitas daerah kita agar pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah berlangsung dengan aman dan tertib,” imbaunya menutup sambutan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRD Hj. Megawati Ambo Asa, S.IP dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Morut, Sekretaris Daerah Kabupaten Ir. Musda Guntur, MM, Kepala Dinas Kesehatan Delnan Lauende,M.Kes, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Morut, Kasat Reskrim Ipda Lasida, SH, Camat Bungku Utara Moh. Syahdan, S.IP, Unsur Tripika Kecamatan Bungku Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat Bungku Utara.

 

 

Media Kominfo Morut/HM

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close