BERITA MORUT

Gerakan Tanam Padi Jagung di Morowali Utara Mendukung Upsus Pajala

Gerakan Tanam Padi Jagung di Morowali Utara Mendukung Upsus Pajala

MOROWALI UTARA- Melalui Dinas Pertanian dan Pangan, Pemkab Morowali Utara gelar Gerakan Tanam Jagung pada Kelompok Tani kecamatan Lembo dan Lemboraya, di Desa Wara’a Kecamatan Lembo, Kabupaten Morut, Senin, (3/8/2020).

“Dinas Pertanian dan Pangan Daerah Kabupaten Morowali Utara, terus menggenjot program Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus Pajala) melalui kegiatan gerakan tanam padi dan jagung yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan benih padi, herbisida dan pupuk organik cair kepada para kelompok tani di kecamatan Lembo dan Lemboraya,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Morut, DR. Najamudin Atong, M.Si.

Menurutnya, pada kegiatan ini petani yang tergabung dalam kelompok tani mendapatkan bantuan berupa bibit benih padi, herbisida, pupuk organik cair dari pemerintah melalui anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Morut TA.2020.

Sementara itu Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Irma Bawoel mengatakan “dalam rangka mempercepat penanaman, maka dilakukan gerakan tanam padi dan jagung yang dilaksanakan oleh kelompok Tani Apali Desa Wara’a Kecamatan Lembo, yang melibatkan anggota kelompok tani, adapun alokasi pengembangan jagung di Poktan Apali seluas 40 hektar,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Morowali Utara Moh. Asrar Abd. Samad mengatakan, pelaksanaan kegiatan pengembangan jagung ini merupakan upaya ektensifikasi dan intensifikasi yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan kualitas mutu hasil pertanian.

“Masih banyak hal yang ingin dikembangkan, namun saat ini belum bisa berbuat banyak karena APBD TA. 2020 sedang direfocusing dengan adanya bencana non alam covid-19. Namun saya akan menampung semua usulan dan permintaan dari poktan untuk dialokasikan pada anggaran TA.2021”, ucap asrar.

Ketua Kelompok Tani Apali Desa Wara’a, Nikson Tioki mengapresiasi respon dan upaya pemerintah Daerah Kabupaten Morut dalam peningkatan hasil pertanian padi, jagung dan kedelai. “Hal ini menjadikan para petani khususnya di Desa Wara’a, bisa lebih bersemangat dengan harapan hasil tanam yang maksimal,” kata Nikson.

Selanjutnya Bupati Asrar menuju aula kantor camat Lembo untuk menyerahkan bantuan dana CSR tahun 2020 dari Bank Sulteng untuk masyarakat kecamatan Lembo dan Lemboraya yang belum pernah tersentuh bantuan apapun, dan dihadiri oleh seluruh kepala desa se-Kecamatan Lembo dan Lemboraya.

Nampak hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Daerah Kabupaten Morut DR. Najamudin Atong, M.Si, Kasat Pol.PP & Damkar Buharman Lambuli, S.Sos, Kadis P&P Daerah Moh. Yamin Abd. Samad, Camat Lembo Kries Dahlia Dewanto,S.STP, Unsur Tripika kec. Lembo, Kepala BPP Balai Penyuluh Pertanian kec. Lembo dan Lemboraya, PPL lembo dan Lemboraya, Pengurus Kelompok Tani dan anggotanya.

 

 

Media Kominfo Morut

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close