POSO

Hasil Panen Menjanjikan, Sulawesi Tengah Siap Jadi Sentra Bawang Putih

Hasil Panen Menjanjikan, Sulawesi Tengah Siap Jadi Sentra Bawang Putih

POSO, Napu – “Hasil panen bawang putih ini sangat menggembirakan”, ujar Lutfie Halide saat lakukan panen perdana bawang putih (18/7)di desa Watumaeta di dataran lembah napu.

Kementerian Pertanian melalui staf khusus Mentan Lutfie Halide dan Erick Tamalagi kembali turun langsung lapangan lakukan panen perdana sebagai tindak lanjut kunjungan bulan yang lalu. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan dan perhatian khusus dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terhadap sebelas bahan pokok salah satunya yaitu bawang putih (Allium sativum). “Harapannya untuk bisa dilakukan pengembangan sehingga kedepan bisa memenuhi kebutuhan nasional serta mengurangi impor”.

Lebih lanjut kedepan pengembangan bawang putih akan terus dikawal dengan melakukan adaptasi teknologi sehingga dari tiga varietas yang di tanam mempunyai prospek potensi yang cerah. “Varietas tinombo, lumbu hijau dan sangga sembalun hasil panennya rata-rata di atas 14 ton per hektar, bahkan varietas sangga sembalun bisa mencapai 15,4 ton per hektar”, imbuh Lutfie.

Soma Wijaya, Kepala Karantina Pertanian Palu yang bersamaan turut serta dalam pendampingan kegiatan panen perdana tersebut mengatakan, “adanya sentuhan terapan teknologi dan inovasi dalam budidaya bawang putih ini sangat berpotensi produksinya akan bisa meningkat sehingga ke depan bisa mewujudkan lembah Napu sebagai salah satu sentra produksi bawang putih di Sulteng, bahkan bisa ekspor terlebih langsung dari Sulteng”.

 

REDAKSI

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close