BERITA MORUT

Dinas PMD Gelar Pelatihan Aplikasi e-HDW Bagi Operator Dan Perangkat Desa Se- Kecamatan Lembo Dan Lembo Raya

Dinas PMD Gelar Pelatihan Aplikasi e-HDW Bagi Operator Dan Perangkat Desa Se- Kecamatan Lembo Dan Lembo Raya

BETELEME, BERITA MORUT- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar pelatihan aplikasi Desa Melawan Covid-19 dan e-Human Development Worker (e-HDW),bertempat digedung serbaguna Wita Mori Beteleme Selasa (20/7/2020).

Pelatihan yang dilakukan langsung tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Rustan Husen tersebut dibuka oleh kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Morowali Utara (Morut) Andi Panrengi, dihadiri Camat Lembo Kries Dahlia Dewanto dan para operator dan perangkat desa di dua kecamatan, yaitu kec. Lembo dan kec. Lembo Raya.

Kepala Dinas PMD melalui tenaga ahlinya mengatakan, e-Human Development Worker (e-HDW) dan aplikasi Desa Melawan Covid-19 merupakan dua aplikasi yang baru saja diluncurkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang bermanfaat untuk membantu dalam hal pencegahan dan penanganan Covid-19 dan kesehatan masyarakat.

Aplikasi Desa Melawan Covid-19 dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan protokol penanganan wabah Covid-19. Untuk pelatihan pertama diikuti oleh aparat desa di dua kecamatan ini ” ucapnya.

Ia menjelaskan, aplikasi ini akan membantu relawan Desa Lawan Covid-19 dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitasnya dalam memberikan edukasi dan informasi tentang Covid-19 ke masyarakat, serta pengumpulan data secara real-time terkait penyebaran Covid-19 dan dampaknya bagi masyarakat dan bisa memudahkan proses pelaporan atas kondisi desa terkait Covid-19.

ÔÇťAplikasi Desa Melawan Covid-19 bisa mengakses berbagai materi pencegahan Covid-19 dan membagikannya kepada masyarakat. Relawan Desa Lawan Covid-19 akan mengirimkan laporan mingguan dan bulanan melalui aplikasi Desa Lawan Covid-19 ini,” jelasnya.

Data-data tersebut selanjutnya dapat diakses oleh pemerintah desa, pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk pengambilan kebijakan terkait pecegahan dan penanganan Covid-19 di daerah.

“Misalnya pihak kementerian akan memberi pemberitahuan apabila Covid-19 masih ada, mekanisme penyaluran BLT dan lain sebagainya melalui aplikas tersebut,” jelasnya.
Sedangkan untuk aplikasi e-Human Development Worker (e-HDW) merupakan aplikasi yang dapat menyampaikan informasi secara elektronik terkait data stunting, posyandu guna memantau masyarakat tetap sehat saat kondisi Covid-19.

“Jadi saya berharap setelah pelatihan, perangkat desa dapat segera menerapkannya,” ucapnya.
Ia menambahkan, adapun para peserta pada setiap desa terdiri dari operator ditambah Kader Pembangunan Masyarakat (KPM).

 

Reporter: Chem Siombo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close