BERITA MORUT

Bupati Morut Hadiri Pertemuan Anak Suku Impo Tahun 2020 Di Koromatantu

BERITA MORUT- Bupati Morowali Utara Hadiri Potudano Pau’a ia Terampuano Tongku Impo Ta’u 2020
(Pertemuan Anak Suku Impo Tahun 2020).

Acara yang diawali dengan tompenani akeo a mpenani Wita Mori, sebelumnya dilaksanakan di desa Korompeli dan desa Korowalelo ini dilaksanakan setiap tahun, untuk tahun 2020 dilaksanakan di desa Koromatantu, Sabtu (18/7/2020).

Saat pompohawe te’umbu ia mpu’u pompatinda terampua, Juharnon Lalundo mengatakan “pertemuan ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan membangun keakraban, solidaritas kebersamaan dan persaudaraan sesama anak suku impo baik yang berada di Morut maupun di perantauan” Ucapnya.

Kegiatan dengan tema “Suku Impo Tepoaso Aroa” ini dihadiri 30 peserta terdiri dari 10 perwakilan tiap desa, yakni Korompeli, Korowalelo dan Koromatantu.

Pa’u mpetotowo te’umbu ia pu’u petewawa Monde Laega, SH mengatakan “kami laksanakan pertemuan ini dua kali dengan membahas kelestarian tanah leluhur impo yang berada di wilayah kecamatan Lembo agar mendapat legitimasi hukum baik dari pemerintah maupun dewan adat mori mengingat tanah suku impo tersebut adalah bagian dari sejarah peradaban suku impo di Wita Mori.

Pada kesempatan itu pau mpetewawo te’umbu henu mpinelangkaindo Bupati Morut Moh. Asrar Abd. Samad mengatakan selaku Pemerintah Daerah sangat menghargai dan menghormati kegiatan adat istiadat seperti ini. “Saya berharap pertemuan ini akan melahirkan suatu gagasan atau pemikiran positif sehingga anak cucu kita nantinya bisa mengetahui sejarah adat istiadat di daerah kita, yang terpenting agar anak suku to impo ini mendapat legalitas dari dewan adat.” pungkasnya.

Nampak hadir dalam acara, Bupati Morut Moh. Asrar Abd. Samad, Ketua Suku Impo Kabupaten Morut Monde Laega,SH, Ketua Dewan Adat Morut Ten Marunduh, Narasumber Pencerahan Advokasi Hukum DR. Elvis Katuwu, SH.,MH, kadis Kesehatan Delnan Lauende, M.Kes, Kasat Pol.PP dan Damkar Buharman Lambuli, S.Sos, Camat Petasia Gatot SE Budianto, Kepala Desa Korowalelo, Korompeli dan Koromatantu, tokoh agama impo, tokoh pemuda impo, tokoh wanita impo, Ine Uma pepaekompo impo dari tiga kampung.

Selamat mengikuti Terampuano To Impo tahun 2020, semoga lancar dan sukses.

 

 

REDAKSI

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close