MOROWALI

Sempat Tangani Sengketa Lahan PT. BJS, Kabag Ops Morowali Mengaku Belum Lihat Dokumen Pencabutan Izin

Sempat Tangani Sengketa Lahan PT. BJS, Kabag Ops Morowali Mengaku Belum Lihat Dokumen Pencabutan Izin

BERITA MORUT, MOROWALI- Soal aktifitas PT. Bukit Jejer Sukses (BJS) yang ada di Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, sebagaimana pemberitaan sebelumnya, bahwa Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan (IUP-P) perusahaan tersebut sudah dicabut sejak akhir tahun 2019.

Pencabutan IUP-P merupakan buntut permasalahan dugaan tumpang tindi lahan sebagaimana yang disampaikan Kabag Ops Polres Morowali, AKP. Nasrudin. Diakuinya, sebelumnya pihak Polres menangani soal sengketa antara PT. BJS dan pihak lain yang mengaku juga memiliki legalitas.

“Iya terkait kasus penyerobotan, karena kedua belah pihak masing-masing mengklaim memiliki legalitas terkait kepemilikan lahan tersebut,” kata Nasrudin via pesan WhatssApp pada Sabtu (11/7/2020).

Ketika disinggung mengenai pencabutan IUP-P PT. BJS, Kabag Ops Polres Morowali, AKP. Nasrudin mengaku belum melihat dokumen pencabutan izin IUP-P PT. BJS. Menurut Nasrudin, saat ini pihak kepolisian baru menangani perkara dugaan penyerobotan lahannya.

“Kami belum pernah melihat dokumen ijin pencabutannya PT. BJS , karena yang ditangani penyidik Sat Reskrim dugaan penyerobotan lahan antara PT. BJS dan Sdr Samsu alam dan Sdr Laane” Jawabnya.

Untuk itu, lanjut Nasrudin, terkait dugaan aktifitas ilegal PT. BJS, pihaknya akan berkordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) Morowali. “Kalau terkait perijinannya saudara kami akan akan koordinasi dengan Pemda selaku leading sector terkait perijinannya,” terangnya.

Akan tetapi, saat dipertanyakan mengapa baru akan berkordinasi masalah perizinan, sementara pihak Kepolisian sudah sempat menangani perkara soal tumpang tindi lahan PT. BJS, Kabag Ops Polres Morowali, AKP. Nasrudin tidak menjawab pertanyaan wartawan.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Morowali AKP. Donatuskono, ditanyakan mengenai sikap Polres mengenai pencabutan izin PT. BJS dan diduga selama ini melakukan aktifitas secara ilegal ia menegaskan akan melakukan penyelidikan sebagaimana informasi dari media

“Iya Di, nanti akan kita selidiki Informasi dari Teman-teman Media Ya,” tegas Dona.

(Foto: Kabag Ops Polres Morowali AKP. Nasrudin)

 

Adhy/Hend

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close